CORAK TAFSI<R S{U<FI< IMA<M AL-GAZA<LI< (Kajian Kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> Karya Muha{ mmad al-Raih{a>ni>)

MUHAMAD KHAEDAR, NIM. 11530123 (2019) CORAK TAFSI<R S{U<FI< IMA<M AL-GAZA<LI< (Kajian Kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> Karya Muha{ mmad al-Raih{a>ni>). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORAK TAFSI<R S{U<FI< IMA<M AL-GAZA<LI< (Kajian Kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> Karya Muha{ mmad al-Raih{a>ni>))
11530123 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (CORAK TAFSI<R S{U<FI< IMA<M AL-GAZA<LI< (Kajian Kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> Karya Muha{ mmad al-Raih{a>ni>))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Karya tafsir dari al-Gaza>li> tidak banyak dibahas dan/atau dikenal oleh banyak pengkaji tafsir, sebagai al-Gaza>li> adalah ulama besar yang karya-karyanya banyak mempengaruhi perkembangan keilmuan Islam, termasuk keilmuan tashawuf, namun, belum ada yang melakukan kajian terhadap tafsiran al-Gaza>li> terhadap problem-problem tashawuf yang ada. Saat ini, Muh{ammad al-Raih{a>ni> telah mengumpulkan tafsiran-tafsiran al-Gaza>li> tersebut melalui karyanya berjudul Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li>. Fokus penelitian ini mengenai corak tafsir sufi dari Ima>m al-Gaza>li> dalam kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> karya Muh{ammad al-Raih{a>ni>. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis data deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Penafsiran al-Gaza>li> di dalam kitab Tafsi>r al-Ima>m al-Ghaza>li > terhadap beberapa ayat Al-Qur’an tidak terlepas dari tashawuf sunni-nya, hal ini dapat dilihat misalnya ketika al-Gaza>li> menafsirkan ayat ایاك نعبد وایاك نستعین“ ”, al-Gaza>li> menafsirinya dengan pendekatan al-Takhaliyah dan al-Tah}aliyah. Kedua, tasawuf Imam al-Gaza>li> bisa memberikan solusi terhadap kecenderungan masyarakat modern yang merasa terasing dan secara psikologis menderita akibat berbagai tantangan, persaingan, dan berbagai dinamika sosial itu, karena tashawuf Imam al-Gaza>li> mengajak kita untuk menyeimbangkan aktivitas jasmani dengan kontemplasi ruhani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Afdawaiza, S.Ag. M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Corak Tafsir Sufi,Tafsi>r al-Ima>m al-Gaza>li> , Muh{ammad al-Raih{a>ni>.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Apr 2019 09:24
Last Modified: 22 Apr 2019 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum