UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI PEMBIASAAN ANTRI DI TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA

MARIFATUN NAFIAH, NIM. 14430083 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI PEMBIASAAN ANTRI DI TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI PEMBIASAAN ANTRI DI TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA)
14430083_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI PEMBIASAAN ANTRI DI TK PKK 49 MANGUNAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA)
14430083_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan pada anak kelompok A TK PKK 49 Mangunan sebelum dilakukan penerapan pembiasaan antri, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan antri di kelompok A TK PKK 49 Mangunan, (3) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan pada anak kelompok A TK PKK 49 Mangunan setelah dilakukan penerapan pembiasaan antri. Jenis penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasib dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan pada anak kelompok A TK PKK 49 Mangunan sebelum tindakan hanya sebesar 8,70% anak yang memiliki kedisiplinan dengan kategori tinggi dalam mengikuti pembelajaran disiplin masih tergolong kurang atau belum optimal. (2) penerapan pemiasaan antri dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok A TK PKK 49 Mangunan. Pelaksanaan pembiasaan antri meningkat dari kriteria tinggi pada siklus I menjadi sanggat tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkannya pembelajaran mengunakan pembiasaan antri, terjadi peningkatan kedisiplinan pada anak siklus I sebesar 26,09% dan xiii meningkat pada siklus II menjadi sebesar 82,60% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ichsan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pembiasaan Antri
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2019 15:50
Last Modified: 22 Apr 2019 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item