PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK B2 TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

APRILIYANI, NIM. 14430100 (2018) PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK B2 TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK B2 TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430100_BAB -I_IV-atau-V_DAFTAR - PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE DI KELOMPOK B2 TK LKMD PANCASAKTI BALONG KIDUL POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
14430100_BAB-II_ III_Ssampai_SEBELUM-BAB-TERKAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase di kelompok B2 TK LKMD PANCASAKTI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B2 di TK LKMD PANCASAKTI berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari–Maret tahun pelajaran 2017/2018. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Analisis data yang digunakan untuk menentukan peningkatan proses belajarnya khususnya berbagai tindakan yang dilakukan guru, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa sebagai pengaruh dari setiap tindakan yang dilakukan. Hasil observasi pengembangan motorik halus Pra Tindakan sebelumnya menggunakan kegiatan kolase kriteria Terlambat ada 28,60% . Hasil penelitian siklus I kriteria baik naik menjadi 38,5%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II pencapaian kriteria baik meningkat menjadi 93,1%. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan kolase dengan langkah- langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media kolase dan alat untuk mengisi pola yang akan digunakan (2) memperkenalkan media kolase dalam pembelajaran (3) memberikan contoh cara mengisi pola kolase menggunakan biji-bijian (4) membagikan bahan kolase secara proposional untuk setiap kelompok, (5) anak diperkenalkan membuat karya sesuai dengan contoh yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Suyadi, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kegiatan Kolase.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:43
Last Modified: 23 Apr 2019 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34737

Actions (login required)

View Item View Item