KOMODIFIKASI AGAMA DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotik Komodifikasi Agama Islam Terhadap Desain Kemasan Detergen Total Almeera)

Arib Anang Ma’ruf, NIM 14730047 (2019) KOMODIFIKASI AGAMA DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotik Komodifikasi Agama Islam Terhadap Desain Kemasan Detergen Total Almeera). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotik Komodifikasi Agama Islam Terhadap Desain Kemasan Detergen Total Almeera))
14730047_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI AGAMA DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Analisis Semiotik Komodifikasi Agama Islam Terhadap Desain Kemasan Detergen Total Almeera))
14730047_BAB II_S.D.SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Desain kemasan pada saat ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung suatu produk, namun berfungsi untuk mengomunikasikan isi produk secara visual. Fenomena yang akhir-akhir ini hadir di tengah masyarakat Indonesia adalah munculnya simbol-simbol agama pada desain kemasan produk. Simbol-simbol agama yang digunakan pada desain kemasan digunakan sebagai alat untuk mengubah nilai guna menjadi nilai jual. Fenomena ini biasa disebut dengan komodifikasi agama. Agama terbesar di Indonesia adalah agama Islam, sehingga berbagai macam perusahaan mencoba “meng-islamkan” produknya agar dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dengan harapan bisa dipercaya oleh mayoritas penduduk Indonesia. Salah satu produk yang menggunakan simbol agama Islam dalam visualisasi desain kemasannya adalah Total Almeera. Produk tersebut menggunakan simbol agama Islam dan mengedepankan label halal pada desain kemasannya. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman mengenai makna pada tanda-tanda yang mengindikasikan komodifikasi agama melalui unsur-unsur desain yang muncul pada kemasan. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan terjadinya komodifikasi agama yang muncul dalam bentuk ilustrasi wanita Muslimah, ornamen dekoratif, penempatan label halal, kata-kata, serta warna yang merujuk pada Agama Islam. analisa segitiga makna menunjukkan makna simbol dari sudut pandang tertentu yang berguna untuk membedah makna simbol yang muncul dalam desain, selain itu tanda-tanda komodifikasi agama Islam yang muncul merupakan bentuk budaya yang sejak dulu diterima oleh masyarakat sebagai identitas Islam dan digunakan untuk membentuk mitos baru mengenai kehalalan suatu produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yanti Dwi Astuti, S.Sos.I.,M.A.,
Uncontrolled Keywords: desain kemasan, semiotika, komodifikasi agama, desain komunikasi visual.
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Apr 2019 12:45
Last Modified: 24 Apr 2019 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum