TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PEMINJAMAN KREDIT KEPADA RENTENIR (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL SENTUL PAKUALAMAN YOGYAKARTA)

RISDA IKA SYAHRINA, NIM. 13380036 (2019) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PEMINJAMAN KREDIT KEPADA RENTENIR (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL SENTUL PAKUALAMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PEMINJAMAN KREDIT KEPADA RENTENIR (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL SENTUL PAKUALAMAN YOGYAKARTA))
13380036_JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DALAM PEMINJAMAN KREDIT KEPADA RENTENIR (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL SENTUL PAKUALAMAN YOGYAKARTA))
13380036_BAB II_SAMPAI SBLUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rentenir masih menjadi alternatif bagi pedagang di pasar tradisional dalam berhutang. Meskipun persenan bunga yang disyaratkan kepada pedagang tergolong tinggi, tidak menyurutkan minat pedagang untuk tetap menggunakan jasa rentenir. Terlebih lagi dalam Islam telah diatur melalui al Qur’an dan hadist bahwa bunga pinjaman merupakan riba yang haram hukumnya. Pedagang melakukan pinjaman uang kepada rentenir guna mencukupi kebutuhan keluarga dan juga untuk keperluan modal usaha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data primer melalui observasi dan melakukan wawancara secara bertahap, sedangkan pengumpulan data sekunder peneliti memperolehnya dari buku, artikel, sumber internet dan semua pustaka pendukung yang dapat dijadikan sebagai sumber data berkaitan dengan tema penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi hukum yang kemudian dikaitkan dengan hukum Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola peminjaman kredit kepada rentenir dan faktor-faktor yang melatar belakangi pedagang muslim memilih untuk bertahan kepada rentenir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pola praktik rentenir dalam memberikan kredit kepada nasabahnya antara lain sumber modal rentenir, pola peminjaman hutang, dan juga pola pelunasan hutang. Dalam kaitannya dengan teori Max Weber mengenai tipe tindakan sosial, praktik berhutang kepada rentenir yang dilakukan oleh pedagang muslim termasuk dalam tipe tindakan Rasionalitas Instrumental dan tindakan Tradisional. Rentenir sampai saat ini masih mempertahankan sistem peminjaman yang fleksibel, mudah dan cepat untuk menarik nasabah agar tetap bekerjasama dengan mereka. Meskipun demikian berhutang kepada rentenir tidak merubah kondisi keuangan pedagang menjadi lebih baik karena siklus uang hanya berputar untuk menutupi kondisi kekurangan dana dalam satu kondisi ke kondisi lainnya. Dengan menggunakan dalil ‘Urf maka dapat disimpulkan bahwa ketidak mampuan pedagang muslim dalam mentaati hukum Islam dalam perihal riba adalah karena faktor-faktor kemudahan akses, budaya, dan keadaan ekonomi pedagang. Dalam sosiologi hukum Islam praktik ini bisa dikategorikan sebagai al-‘Urf al-fasid (kebiasaan yang tidak baik). Kata kunci: pedagang muslim, rentenir, sosiologi hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAIFUDDIN, SHI.,MSI.
Uncontrolled Keywords: pedagang muslim, rentenir, sosiologi hukum Islam
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:54
Last Modified: 29 Apr 2019 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum