INONESIA DALAM RELASI AGAMA DAN NEGARA (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN MOH. MAHFUD M,D S.H., SU. DAN JIMLY ASSHIDDIQIE S.H., MH.)

UCIK NURUL HIDAYATI, NIM. 13360073 (2018) INONESIA DALAM RELASI AGAMA DAN NEGARA (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN MOH. MAHFUD M,D S.H., SU. DAN JIMLY ASSHIDDIQIE S.H., MH.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INONESIA DALAM RELASI AGAMA DAN NEGARA (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN MOH. MAHFUD M,D S.H., SU. DAN JIMLY ASSHIDDIQIE S.H., MH.))
13360073_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INONESIA DALAM RELASI AGAMA DAN NEGARA (STUDI PERBANDINGAN PEMIKIRAN MOH. MAHFUD M,D S.H., SU. DAN JIMLY ASSHIDDIQIE S.H., MH.))
13360073_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Negara didefinisikan sebagai suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangan melalui penguasaan (kontrol monopolistis) dari kekuasaan yang sah. Agama dan negara adalah dua entitas yang sama-sama berfungsi bagi kehidupan manusia. Jika negara berada pada dimensi kekinian manusia yang sekuler, memenuhi kebutuhan hidup di dunia,maka agama berperan pada dimensi religius, menyeberang dari dimensi kekinian ke alam dimasa datang. Kajian tentang negara lebih menarik lagi ketika dihubungkan dengan Islam karena ia adalah agama yang sempurna. Berkenaan dengan relasi agama (Islam) dan negara, para pemikir Islam mengkategorikan pada tiga paradigma, pertama, paradigma integralistik, kedua, paradigma simbiotik. Ketiga, paradigma sekularistik. Fakta di atas merupakan fenomena yang menarik bagi penyusun untuk meneliti secara komparatif anatara Mahfud MD dengan Jimly Asshiddiqie. Bagaimana pandangan keduanya tentang relasi Agama dan Negara serta perbedaan relasi Agama dan Negara tentang pandangan keduanya. Penelitian yang dilakukan penyusun adalah (library research) dengan pendekatan bersifat deskriptitif-analitis-komparatif, yakni mendeskripsikan atau menguraikan data-data yang berkaitan dengan relasi agama dan negara (studi perbandingan pemikiran Mahfud MD dengan Jimly Asshiddiqie). data-data yang diperoleh dari berbagai sumber diolah dan dianalisa guna mendapatkan suatu pandangan ataupun kesimpulan yang relevan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan pendekatan dan metode sebgaimana di atas, terungkap bahwa pandangan Mahfud MD tentang relasi Agama dan Negara adalah Indonesia bukan Negara Islam ataupun sekuler, tetapi negara kebangsaan yang berketuhanan, semua agama harus membari spirit dan bukan jadi dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka dari itu secara konstitusi, Ketuhanan yang Maha Esa bukan milik agama tertentu. Pandangan Jimly Asshiddiqie kehidupan bernegara sulit dipisahkan dari kehidupan beragama. Adapun berkenaan dengan perbedaan pendapat tentang relasi Agama dan Negara menurut Mahfud MD Ketika Mahfud MD memberikan sebuah pemikirannya tentang hubungan agama dan negara kecenderungan yang terlihat dari pemikiran tersebut mirip dengan konsepsi yang dirumuskan oleh Nahdlatul Ulama. Sedangkan Menurut Jimlyy Asshiddiqie Asshiddiqie memiliki kesesuaian dengan cara berfikir ICMI dimana Jimly Asshiddiqie sebagai ketua umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Udiyo Basuki S.H M. Hum
Uncontrolled Keywords: inonesia dalam relasi, agama dan Negara, pemikiran moh. mahfud m,d, dan jimly asshiddiqie s.h
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:31
Last Modified: 26 Apr 2019 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34847

Actions (login required)

View Item View Item