ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INKLUSI KEUANGAN SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN DI INDONESIA

ATIKAH, NIM. 1620310135 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INKLUSI KEUANGAN SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INKLUSI KEUANGAN SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN DI INDONESIA)
1620310135_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INKLUSI KEUANGAN SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN DI INDONESIA)
1620310135_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi inklusi keuangan Syariah di Indonesia serta melihat pengaruhnya terhadap kesejahteraan baik dalam pandangan ekonomi konvensional dan Syariah. Tingkat inklusi keuangan Syariah Indonesia masih tergolong rendah dengan nilai indeks sebesar 0.17 dan DKI Jakarta merupakan daerah dengan inklusi keuangan Syariah tertinggi sebesar 0.76 pada tahun 2016. Variabel PDRB dan IPM berpengaruh positif, Pengangguran dan Rasio Jalan berpengaruh negatif, sedangkan variabel gini, telpon selular dan internet tidak berpengaruh terhadap inklusi keuangan Syariah. Inklusi keuangan Syariah berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan di Indonesia baik dalam pandangan ekonomi konvensional dan Syariah. Kesejahteraan yang diukur melalui distribusi pendapatan diproksikan dengan PDRB per kapita, Rasio Gini dan Indeks Zakat Nasional (IZN). Indeks inklusi keuangan Syariah dan indikator kesejahteraan memiliki hubungan satu arah, yaitu indeks inklusi keuangan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan. Indeks inklusi keuangan berpengaruh terhadap rasio gini dan indeks zakat nasional namun tidak terhadap pendapatan per kapita.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.S.i., Akt., C.A.,
Uncontrolled Keywords: Indeks Inklusi Keuangan Syariah, PDRB, IPM, Pengangguran, Rasio Jalan, Gini, Telepon Selular, Internet, Distribusi Pendapatan, PDRB per Kapita, Indeks Zakat Nasional.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:43
Last Modified: 30 Apr 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum