PERLINDUNGAN ANAK TENAGA KERJA WANITA HASIL HUBUNGAN DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH JASSER AUDAH

Fahmi Akbar Mubarok, LC, NIM.: 1620311007 (2019) PERLINDUNGAN ANAK TENAGA KERJA WANITA HASIL HUBUNGAN DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH JASSER AUDAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERLINDUNGAN ANAK TENAGA KERJA WANITA HASIL HUBUNGAN DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH JASSER AUDAH)
1620311007_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN ANAK TENAGA KERJA WANITA HASIL HUBUNGAN DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH JASSER AUDAH)
1620311007_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Banyaknya jumlah Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri memiliki potensi masalah yang cukup besar. Termasuk di dalamnya permasalahan perlindungan anak hasil hubungan TKW di luar nikah yang kemudian dibawa pulang ke Indonesia. Problematika perlindungan anak TKW hasil hubungan di luar nikah yang kemudian dibawa pulang ke Indonesia menjadi hal yang patut untuk diteliti karena memiliki potensi tidak terlindunginya hak anak. Sebagai contoh problematika administrasi kependudukan dan dampak sosial di lingkungan sekitar. Padahal dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, hak anak adalah bagian dari hak asasi yang harus tersampaikan pada setiap anak. Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menjadi salah satu dasar hukum perlindungan anak di Indonesia, juga dengan terbentuknya Komisi Perlindungan Anak melalui Undang-Undang tersebut. Namun secara penerapan masih ada anak TKW hasil hubungan di luar nikah yang belum mendapatkan hak dan perlindungan. Seperti halnya tiga sample objek studi kasus yang terdapat dalam penelitian ini, ketiga anak TKW hasil hubungan di luar nikah (objek penelitian) ternyata belum mendapat perlindungan hak sebagaimana seharusnya. Dua rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah tentang mengapa anak TKW hasil hubungan di luar nikah yang dibawa pulang ke Indonesia belum mendapatkan perlindungan secara sempurna. Dan bagaimana perlindungan anak TKW hasil hubungan di luar nikah jika dipandang dari perspektif Maqāṣid asy-Syari‘ah Jasser Auda. Penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yaitu dengan memadukan data berupa bahan-bahan hukum berupa peraturan perundang-undangan tentang Perlindungan Anak di Indonesia dengan data berupa kasus-kasus dan problematika yang terjadi di lapangan. Sumber data penelitian ini berupa bahanbahan hukum berupa peraturan perundang-undangan dan data lapangan hasil observasi dan wawancara kepada narasumber. Metode analisa yang digunakan adalah dekriptif analitis dengan menggunakan teori Maqasid asy-Syari‘ah Jasser Auda. Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah anak TKW hasil hubungan di luar nikah belum mendapat perlindungan hak secara menyeluruh dikarenakan satus hukumnya yang tidak tergolong anak terlantar. Dan meski telah ada peraturan perundang-undangan yang mengatur, namun penerapannya masih belum maksimal, dikarenakan belum maksimalnya sosialisasi dan ada rasa takut untuk melapor kepada pihak-pihak yang berkompeten seperti KPAI. Temuan yang kedua adalah, dalam perspektif Maqasid asy-Syari‘ah Jasser Auda, perlindungan anak paling dasar (dalam tataran Maqasid Juz’iyyah) adalah pemberian nafkah utama berupa pemberian nafkah yang bersandar pada ḍarūriyyah al-khamsah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ali Sadikin, M.Ag.,
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:10
Last Modified: 07 Mar 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum