PERBANDINGAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS KEUANGAN GLOBAL

AQIDA SHOHIHA, NIM. 1620311022 (2019) PERBANDINGAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS KEUANGAN GLOBAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS KEUANGAN GLOBAL)
1620311022_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH KRISIS KEUANGAN GLOBAL)
1620311022_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Krisis keuangan global pada Tahun 2008 dirasakan berimbas ke berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Dalam kondisi ini, efisiensi dan produktivitas sangat penting bagi suatu bank untuk dapat menjaga stabilitas usaha saat krisis. Pada periode krisis, terdapat 2 jenis bank di Indonesia, bank konvensional dan syariah dengan masing-masing memiliki perbedaan karakteristik, terutama dalam faktr-faktor variabel input dan output dalam pengukuran efisiensi dan produktivitas. Penelitian ini membandingkan efisiensi dan produktivitas bank syariah dan konvensional sebelum dan sesudah krisis keuangan global Tahun 2008. Pengukuran efisiensi menggunakan metode Data Envelopement Analysist VRS output oriented. Sedangkan produktivitas menggunakan Malmquist Productivity Index. Perbandingan efisiensi dan produktivitas masing-masing bank sebelum dan sesudah krisis menggunakan Paired Samples Test. Adapun perbandingan bank syariah dan konvensional pada masing-masing periode sebelum dan sesudah krisis menggunakan Independent Samples Test. Data yang digunakan adalah seluruh Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional di Indonesia selama periode 2005-2017. Hasil penelitian ini menemukan terdapat perbedaan signifikan pada efisiensi dan produktivitas bank syariah sebelum dan sesudah krisis. Efisiensi dan produktivitas bank syariah menurun sesudah krisis. Namun pada bank konvensional tidak ada perbedaan signifikan pada efisiensi maupun produktivitas pada sebelum dan sesudah krisis Keduanya menunjukkan peningkatan sesudah krisis. Perbandingan efisiensi bank syariah dan konvensional terdapat perbedaan signifikan, baik pada periode sebelum maupun sesudah krisis. Namun efisiensi bank syariah lebih tinggi (99,23%) dari bank konvensional (97,17%). Perbandingan produktivitas antara bank syariah dan konvensional tidak menunjukkan perbedaan signifikan, baik sebelum maupun sesudah krisis global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah,S.E., M.Si., AK., CA
Uncontrolled Keywords: efisiensi perbankan, produktivitas perbankan, krisis keuangan global, DEA
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:01
Last Modified: 30 Apr 2019 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum