PERGESERAN PARADIGMA FILANTROPI MASYARAKAT KABUPATEN KEBUMEN (Studi Terhadap Program KOIN NU LAZISNU di Kabupaten Kebumen)

SODIKIN, NIM. 15380001 (2019) PERGESERAN PARADIGMA FILANTROPI MASYARAKAT KABUPATEN KEBUMEN (Studi Terhadap Program KOIN NU LAZISNU di Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERGESERAN PARADIGMA FILANTROPI MASYARAKAT KABUPATEN KEBUMEN (Studi Terhadap Program KOIN NU LAZISNU di Kabupaten Kebumen))
15380001 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERGESERAN PARADIGMA FILANTROPI MASYARAKAT KABUPATEN KEBUMEN (Studi Terhadap Program KOIN NU LAZISNU di Kabupaten Kebumen))
15380001_BAB_II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Manusia selain sebagai makhluk individu (perseorangan) juga merupakan makhluk sosial yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat manusia senantiasa mengalami perubahan. Perubahan-perubahan masyarakat dapat mengenai nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, pola-pola perilaku organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan dan lain sebagainya. Perubahan pandangan filantropi di masyarakat Kabupaten Kebumen merupakan salah satu perubahan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh adanya program KOIN NU. Program ini merupakan wadah penyalur infak dan sedekah warga NU Kabupaten Kebumen yang di canangkan oleh LAZISNU Kebumen. Sebelum adanya program KOIN NU, pengumpulan dana berupa infak dan sedekah dari masyarakat untuk kegiatan keagamaan seperti pembangunan masjid, peringatan hari besar Islam, serta kegiatan lainya dilakukan secara insidental dengan penarikan dana dalam jumlah yang besar sehingga memberatkan masyarakat, tetapi berbeda pandangan masyarakat setelah adanya program KOIN NU masyarakat merasa sangat ringan untuk berinfak dan bersedekah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi pergeseran paradigma filantropi masyarakt di kabupaten Kebumen serta strategi pelaksanaan program KOIN NU, dan selanjutnya menganalisis perubahan paradigma filantropi masyarakat tersebut dengan pendekatan sosiologis. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yaitu menjelaskan atau memberi gambaran umum terhadap faktopr-faktor yang melatarbelakangi perubahan paradigma filantyropi masyarakat di Kabupaten Kebumen. Analisis dalam penelitian ini adalah induktif, yaitu berangkat dari data yang bersifat khusus maupun peristiwa-peristiwa konkrit dari hasil riset, kemudian ditarik menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan paradigma filantropi masyarakat Kebumen disebabkan iii oleh faktor eksternal dan faktor internal, yang mana faktor eksternalnya berupa pengaruh kebudayaan masyarakat lain. Sedangkan faktor internal meliputi; Penemuan-penemuan baru, sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju, ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu, dan orientasi ke masa depan. Program KOIN NU LAZISNU Kebumen telah merambah ke 6 Kecamatan dari total 26 Kecamatan. KOIN NU merupakan program yang berjalan berkat adanya sinergi antara LAZISNU dengan pengurus di MWC dan ranting, di mana sistem pembagianya LAZISNU 20%, MWC 30% dan Ranting 50%, namun dalam praktiknya penggunaan dana saat ini masih difokuskan 100% di Ranting dengan tujuan penguatan di tingkat Ranting. Kata Kunci: Pergeseran paradigma filantropi, KOIN NU, LAZISNU Kebumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr H. ABDUL MUJIB M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pergeseran paradigma filantropi, KOIN NU, LAZISNU Kebumen
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 May 2019 10:15
Last Modified: 03 May 2019 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum