RASIONALITAS DAN EKSISTENSI ETNIS TIONGHOA SEBAGAI MASYARAKAT MINORITAS DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN, BELITUNG

ZAINUL ADIB, NIM. 13540051 (2019) RASIONALITAS DAN EKSISTENSI ETNIS TIONGHOA SEBAGAI MASYARAKAT MINORITAS DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN, BELITUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS DAN EKSISTENSI ETNIS TIONGHOA SEBAGAI MASYARAKAT MINORITAS DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN, BELITUNG)
13540051_BAB-I-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS DAN EKSISTENSI ETNIS TIONGHOA SEBAGAI MASYARAKAT MINORITAS DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN, BELITUNG)
13540051_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Masyarakat etnis Tionghoa merupakan satu dari sekian banyak keragaman suku yang ada di Indonesia. Kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia memiliki sejarah yang panjang, sebagai masyarkat minoritas mereka selalu mengikuti kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Negara. Masyarakat Tionghoa mempunyai ciri fisik bermata sipit, kulit putih dan bermacam lainnya. Masyarakat Tionghoa di Pulau Belitung contohnya merupakan kalangan Tionghoa yang masih kental dengan nuansa ke- Tionghoaan dengan mengukur dari keyakinan serta terus menjunjung tinggi nilai-nilai yang diwariskan oleh para leluhurnya. Dalam konteks ini ada hal menarik untuk ditelaah yakni bagaimana cara masyarakat Tionghoa terus bertahan dalam berbagai macam situasi yang berkembang dan rasionalisasi tindakan sosial masyarakat Tionghoa sebagai masyarakat minoritas. Penelitian ini bersifat kualitatif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Data primer melalui teknik wawancara, observasi partisipasi dan dokumentasi serta interview secara mendalam. Data sekunder diperoleh dari sumber- sumber lain yang mendukung dan dianggap relevan dengan tema penulis, seperti buku, jurnal dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan Teori Rasionalitas Tindakan Sosial Max Webber dan Eksistensi, data yang diperoleh di lapangan dikaji dengan menggunakan teknik deskriptifinterpretatif. Hasil penelitian adalah bagaimana bentuk rasionalitas tindakan sosial masyarakat etnis Tionghoa dalam kehidupan yang majemuk di Indonesia dan bagaimana masyarakat Tionghoa mampu mempertahankan eksistensi etnis mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari bersama orang-orang yang berasal dari etnis lain. Sehingga dari penelitian yang telah dilakukan ini, telah didapatkan jawaban bahwa masyarakat Tionghoa memang telah memiliki keyakinan dan kepercayaan tersendiri dalam menjalankan seluruh kegiatan dan keseharian mereka dengan segala aturan dan norma yang ada sejak para leluhur terdahulu. Secara langsung hal tersebut menjadi suatu sebab etnis Tionghoa eksis hingga saat ini dengan adanya keterbukaan dan terus menerus menjaga tradisi dan kepercayaan para leluhur mereka di tengah keberagaman institusi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Roni Ismail, S.Th.I., M.S.I..
Uncontrolled Keywords: Masyarakat etnis Tionghoa, Rasionalitas Tindakan Sosial, Eksistensi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Apr 2019 13:13
Last Modified: 30 Apr 2019 13:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum