MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KETERAMPILAN VOKASI (STUDI KASUS PROGRAM UNGGULAN MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA)

UMI MUSLIMAH, NIM. 1620410027 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KETERAMPILAN VOKASI (STUDI KASUS PROGRAM UNGGULAN MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN KETERAMPILAN VOKASI (STUDI KASUS PROGRAM UNGGULAN MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA))
1620410027_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (UMI MUSLIMAH 1620410027)
1620410027_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat Sabdodadi yang mayoritas bekerja di sektor industri dan keterampilan. Hal tersebut membuat masyarakat lebih menginginkan anaknya sekolah di kejurusan (SMK/MAK). Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui implementasi manajemen pengembangan kurikulum MAN 2 Bantul sebagai madrasah berbasis keterampilan vokasi serta 2) mengetahui problematika dalam manajemen pengembangan keterampilan vokasi di MAN 2 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah adalah metode deskriptif-analitik kualitatif yaitu mendeskripsikan dan menganalisa, serta model analisis Milles dan Hubbermen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Pengembangan Kurikulum Program Unggulan Keterampilan Vokasi di MAN 2 Bantul merencanakan program yang berasal dari visi, misi dan tujuan madrasah. Pengorganisasian kurikulum menggunakan kurikulum terpadu (Integrated Curriculum). Sedangkan Implementasi pengembangan kurikulum menggunakan model pengembangan oliva. Dan model evaluasi kurikulum menggunakan Educational System Evaluation. Problematika pengembangan kurikulum ada tiga macam yaitu problem kompetensi, problem di dalam madrasah maupun problem hubungan dengan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Keterampilan dan Vokasi
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Apr 2019 15:48
Last Modified: 30 Apr 2019 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum