EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS X IPS DI MAN 3 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT TAHUN AJARAN 2018/2019

RAHMAYA UNTING SARI, NIM : 14420071 (2019) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS X IPS DI MAN 3 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS X IPS DI MAN 3 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420071_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS X IPS DI MAN 3 BANTUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT TAHUN AJARAN 2018/2019)
14420071_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rahmaya Unting Sari ,14420071, “Eksperimentasi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Gambar Pada Kelas X IPS Di Man 3 Bantul”, Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Bantul Yogyakarta. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media gambar sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui proses pembelajaran mufradât dengan media gambart dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradât antara kelas eksperimen yang menggunakan media gambar dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, , dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretes, posttest control group design. Obyek yang digunakan adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui software SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 66,312 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 90,125 . Sedangkan Uji “t” nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradât antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa media gambar dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar mufradât peserta didik kelas 10 IPS MAN 3 Bantul Yogyakarta TA. 2017/2018. Kata Kunci : Media, gambar, Mufradât

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media, gambar, Mufradât
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Apr 2019 15:44
Last Modified: 30 Apr 2019 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum