IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KEPESANTRENAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRA, KOTAGEDE, YOGYAKARTA

ANAM MUTHOLIB, NIM. 14540038 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KEPESANTRENAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRA, KOTAGEDE, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KEPESANTRENAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRA, KOTAGEDE, YOGYAKARTA)
14540038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KEPESANTRENAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRA, KOTAGEDE, YOGYAKARTA)
14540038_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari keinginan penulis melihat pesantren yang ada, dianggap sebagai lembaga yang di dalamnya menggunakan sistem yang tertutup dengan lingkungan di luar pesantren dan pesantren dianggap sebagai lembaga yang mengajarkan terorisme. Akan tetapi realitas yang ada, tidak semua pesantren tertutup dengan dunia di luar pesantren dan tidak semua pesantren mengajarkan terorisme, akan tetapi banyak juga pesantren yang dalam pengajaran dan kehidupannya mencerminkan nilai-nilai multikultural, toleransi, damai dsb. Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede. Pondok Pesantren Nurul Ummah merupakan pesantren yang di dalam sistem kehidupannya mencerminkan nilai-nilai multikultural, baik dari segi madrasah diniyahnya, kehidupan asramanya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan, di antaranya sebagai berikut: bagaimana implementasi nilainilai multikultural di Pondok Pesantren Nurul Ummah dan apa saja media yang digunakan untuk implementasi di Pondok Pesantren Nurul Ummah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yang meliputi data wawancara dan observasi. Sumber data sekunder diperoleh dari pustaka yang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi terhadap implementasi Nilai-nilai multikultural di pesantren. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan teori yang digunakan adalah multikultural Bikhu Parekh. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Nurul Ummah dilakukan melalui kegiatan OP3NU, musyawarah, kegiatan asrama, pemilihan Lurah, Batshul Masail, dan nilai multikultural yang berkembang di Pondok Pesantren Nurul Ummah meliputi: kekeluargaan dan kebersamaan, musyawarah ( Al- Musyawarah), toleransi (Attasamuh) dan saling menghargai di antara para santri, nilai persamaan dan keadilan (al-musawah wa al-‘adl), perdamaian ( As Salam).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. NURUS SA’ADAH, S. Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Tradisi Pesantren, Pondok Pesantren Nurul Ummah, Multikultural
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 May 2019 08:31
Last Modified: 02 May 2019 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum