NEGOSIASI HABITUSIAL DALAM PERNIKAHAN ANTAR KOMUNITAS ( STUDI TERHADAP KONFLIK DALAM PERNIKAHAN PENGIKUT NU DAN MUHAMMADIYAH DI DESA SUGIHAN, KECAMATAN SOLOKURO, KABUPATEN LAMONGAN)

Sulis Harum Diyanti, NIM. 15540014 (2019) NEGOSIASI HABITUSIAL DALAM PERNIKAHAN ANTAR KOMUNITAS ( STUDI TERHADAP KONFLIK DALAM PERNIKAHAN PENGIKUT NU DAN MUHAMMADIYAH DI DESA SUGIHAN, KECAMATAN SOLOKURO, KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NEGOSIASI HABITUSIAL DALAM PERNIKAHAN ANTAR KOMUNITAS ( STUDI TERHADAP KONFLIK DALAM PERNIKAHAN PENGIKUT NU DAN MUHAMMADIYAH DI DESA SUGIHAN, KECAMATAN SOLOKURO, KABUPATEN LAMONGAN))
15540014_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (NEGOSIASI HABITUSIAL DALAM PERNIKAHAN ANTAR KOMUNITAS ( STUDI TERHADAP KONFLIK DALAM PERNIKAHAN PENGIKUT NU DAN MUHAMMADIYAH DI DESA SUGIHAN, KECAMATAN SOLOKURO, KABUPATEN LAMONGAN))
15540014_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

NU dan Muhammadiyah merupakan dua ormas besar Islam yang sangat eksis dan berkembang di Indonesia, dari zaman dahulu hingga sekarang. Meskipun kedua nya merupakan sama-sama ormas berlatar belakang Islam, namun tentunya diantara keduanya terdapat sebuah perbedaan-perbedaan dalam persoalan furu’iyah tentunya. Sehingga, dengan perbedaan-perbedaan yang ada tersebut juga mempengaruhi praktik-praktik keseharian antar pemeluk kedua ormas besar tersebut dan tak dapat dipungkiri juga dapat memicu adanya suatu konflik. Dengan demikian hal tersebut akan dapat berpengaruh dalam kehidupan setiap individu masyarakat tersebut, yang juga hal tersebut dapat berimbas dan memepengaruhi dalam ranah pernikahan. Dalam hal ini, peneliti akan memfokuskan pada ranah pernikahan habitusial yang konfliktual yang melibatkan kedua habitus ormas yang berbeda yakni habitus NU dan habitus Muhammadiyah. Penelitian ini dilakukan di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pisau analisis dari Pierre Bordieu, yakni menggunakan teori Habitus. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara membangun rapport (‘jarak’ ideal peneliti dengan orang-orang atau masyarakat yang diteliti), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengan cara penulis terjun langsung ke masyarakat di lokasi penelitian tersebut bertujuan agar data-data yang dikumpulkan valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis deskriptif dan penjelasan. Hasil dari penelitian serta wawancara yang dilakukan kepada sembilan narasumber pelaku pernikahan berbeda ormas dan tiga tokoh/pemuka dalam habitus ormas (NU&Muhammadiyah) ini menunjukkan bahwa hubungan sosial kemasyarakatan di Desa Sugihan ini masih sangat terjaga dengan baik. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sehari-hari masyarakat Desa ini tidak membawa habitus ormas dan tetap rukun dan solidaritas masyarakatnya sangat tinggi. Namun lain halnya ketika masuk pada persoalan pernikahan yang melibatkan dua habitus ormas (NU & Muhammadiyah). Masyarakat Desa Sugihan ini masih sangat mempertimbangkan dan bahkan menghindari hal tersebut karena banyaknya konflik dan permasalahan baru yang akan ditimbulkan dalam pernikahan tersebut. Permasalahan yang ada tersebut pun muncul bukan hanya dari pihak keluarga saja namun juga dari lingkungan sekitar yang turut andil dalam hal tersebut, serta adanya dominasi antar kedua pihak yang bersangkutan yang membuat konflik tersebut terus berlanjut. Mempunyai dasar modal ekonomi dan modal keluarga santri (kuat dalam habitus ormasnya) inilah yang menjadi modal utama salah satu pihak mendominasi pihak lain. Modal-modal tersebut dan didukung dengan adanya modal pendukung lain inilah yang juga akan membantu memudahkannya proses negosiasi yang disepakati bersama untuk menjaga agar dalam sebuah keluarga tersebut tetap terjaga keharmonisannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S,.M.Si,
Uncontrolled Keywords: NU, Muhammadiyah, Organisasi Kemasyarakatan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 May 2019 08:38
Last Modified: 02 May 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum