TESIS TRADISI LITERASI PESANTREN (MANAJEMEN PENDIDIKAN LITERASI DI PESANTREN KREATIF BAITUL KILMAH YOGYAKARTA)

AHMAD ALI AZIM, NIM. 1620410101 (2019) TESIS TRADISI LITERASI PESANTREN (MANAJEMEN PENDIDIKAN LITERASI DI PESANTREN KREATIF BAITUL KILMAH YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TESIS TRADISI LITERASI PESANTREN (MANAJEMEN PENDIDIKAN LITERASI DI PESANTREN KREATIF BAITUL KILMAH YOGYAKARTA))
1620410101_JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TESIS TRADISI LITERASI PESANTREN (MANAJEMEN PENDIDIKAN LITERASI DI PESANTREN KREATIF BAITUL KILMAH YOGYAKARTA))
1620410101_BAB II_SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan di Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Yogyakarta, sebab pesantren ini memiliki tradisi literasi yang menarik untuk dikaji. Ada tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama adalah bagaimana manajemen pendidikan literasi di Baitul Kilmah. Kedua, bagaimana proses pembentukan tradisi literasi. Ketiga, bagaimana Implikasi dari tradisi Lliterasi pada karakter santri. Penelitian ini penting karena ingin melihat sejauh mana proses manajemen pendidikan dan tradisi literasi yang ada di Pesantren Kreatif Baitul Kilmah sehingga mampu melahirkan santri-santri yang kreatif dan punya karya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yang berlandaskan pada filsafat positifisme, mengungkap secara detail tentang manajemen pendidikan literasi dan pembentukan tradisi literasi yang berlangsung di Pesantren. Objek riset dalam penelitian ini vii adalah bagaimana manajemen pendidikan literasi di Pesantren Kreatif Baitul Kilmah. Subjeknya adalah pengasuh pesantren, ustadz-ustadz atau tutor, serta seluruh santri Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Yogtakarta. Untuk menjawab persoalan ini data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi difokuskan pada manajemen prndidikan literasi yang ada di Baitul Kilmah. Wawancara difokuskan pada pembentukan tradisi literasi di Pesantren serta implikasinya terhadap karakter santri dan dokumentasinya adalah bukti beberapa karya-karya santri dan pengasuh yang telah tersebar luas di beberapa penerbit dan media di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Tradisi Literasi, Pesantren.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 May 2019 08:52
Last Modified: 06 May 2019 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34919

Actions (login required)

View Item View Item