PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PAUD BERBASIS ANDROID UNTUK PENDIDIK

SHOVI YATUL ISTIFADAH, NIM:1620431010 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PAUD BERBASIS ANDROID UNTUK PENDIDIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PAUD BERBASIS ANDROID UNTUK PENDIDIK)
1620431010_BAB-I_V-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI PENILAIAN PAUD BERBASIS ANDROID UNTUK PENDIDIK)
1620431010_BAB-II_sampai_SEBELEUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penilaian merupakan suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar anak dengan menerapkan prinsipprinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten. Guru merupakan unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan, khususnya ditingkat insitusional dan instruksional yang berperan penting dalam mengukur ketercapaian aspek perkembangan anak di sekolah. Dengan demikian penilaian yang dilakukan oleh guru menjadi sangat penting untuk diteliti. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi penilaian berbasis Android agar memudahkan guru dalam melakukan penilaian terhadap anak usia dini. Model Penelitian ini adalah menggunakan penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang lebih dikenal dengan sebutan R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan aplikasi penilaian berbasis Android terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara pemakaian media aplikasi penilaian berbasis android dengan media penilaian lama. Dari segi penilaian kelayakan secara keseluruhan aspek dengan presentase 85% artinya Sangat Baik (SB) untuk ahli materi dan 76% dari ahli media artinya Baik (B) untuk dijadikan media penilaian. Sedangkan untuk data uji coba pengguna produk yang dilakukan dengan pengujian efektifitas yang terdiri dari 2 kelompok, kecil dan besar. Uji efektifitas kelompok kecil dan besar menunjukkan efektifitas media aplikasi penilian berbasis Android jauh lebih tinggi di bandingkan media penilaian lama dengan presentase 87,4% : 37,4% untuk uji coba kelompok kecil dan 37% : 90% untuk uji coba kelompok besar. Sehingga bisa disimpulkan aplikasi penilaian PAUD berbasis Android yang dikembangkan oleh peneliti, lebih layak digunakan sebagai media penilaian untuk guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD, Penilaian, Android.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 May 2019 08:17
Last Modified: 07 May 2019 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum