EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS DELAPAN MTS N 4 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019

Sitta Rizka Kurnia Rahmani, NIM: 14420040 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS DELAPAN MTS N 4 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS DELAPAN MTS N 4 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019.)
14420040_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADĀT SISWA KELAS DELAPAN MTS N 4 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019.)
14420040_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya variasi guru dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di MTs N 4 Sleman Yogyakarta. Seringnya frekuensi guru menggunakan media proyektor dalam kegiatan pembelajaran serta kurangnya menggunakan variasi media pembelajaran yang lain terutama dalam pembelajaran mufradāt. Diantara beberapa media pembelajaran yang ada, media pembelajaran poster memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: murah, mudah, dan simpel. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran poster sebagai media yang belum pernah digunakan sebelumnya sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media pembelajaran terutama pembelajaran mufradāt. Tujuan peneliti menggunakan media pembelajaran poster pada pembelajaran mufradāt untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran poster terhadap pembelajaran mufrodat dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradāt antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran poster dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran poster. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah true eksperimental dengan model pretest, posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest.. Obyek yang digunakan adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,89 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,88. Sedangkan Uji “t” nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradāt antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa media pembelajaran poster dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar mufradāt peserta didik kelas VIII MTs N 4 Sleman Yogyakarta TA. 2018/2019. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Poster, Pembelajaran Mufradāt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Poster, Pembelajaran Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2019 14:32
Last Modified: 22 May 2019 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum