IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

WANYUNINGSIH, NIM: 14420064 (2019) IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
14420064_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TERJEMAH HARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN QAWAID DENGAN MENGGUNAKAN KITAB SAFINATUN NAJAH PADA KELAS JURUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
14420064_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

wanyuningsih, implementasi terjemah harfiyyah dalam pembelajaran qawaid dengan menggunakan kitab safinatun najah pada kelas jurumiyyah di pondok pesantren al-luqmaniyyah Yogyakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, permasalahan, solusi, kelebihan dan kekurangan dari penerapan metode terjemah ḥarfiyyah dalam pembelajaran qawāid Santri Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada semua pihak yang ikut serta dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran dengan menerapkan metode terjemah ḥarfiyyah dalam pembelajaran qawāid Santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya adalah Santri kelas Jurumiyyah dan Ustadz Pendamping. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode terjemah ḥarfiyyah dalam pembelajaran qawāid Santri di Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi kaidahkaidah naḥwiyyah dan ṡarfiyyah dalam sebuah teks. Penulis mendapatkan beberapa kesimpulan, yakni: 1) Proses pembelajaran qawāid menggunakan metode terjemah ḥarfiyyah di Pondok Pesantren Al-Luqmnaiyyah Yogyakarta meliputi metode, perencanaan, model serta evaluasi yang semuannya saling berhubungan untuk mencapai tujuan mampu menerjemah dengan baik. 2) Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat kemampuan Santri yang beragam, sehingga akan terasa sulit bagi Santri yang memiliki potensi kurang mahir dalam menerjemah. Solusi dari permasalahan tersebut ialah perlu adanya keseriusan dan kekompakan antar Santri untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman. Supaya Santri akan tetap aktif di kelas dan pengampu bisa mengetahui seberapa tingkat pemahaman Santri, demi terjadinya proses pembelajaran yang efektif. 3) Kelebihan dari penerapan metode ini ialah, Santri akan lebih mudah dalam memahami isi atau maksud dari sebuah teks berbahasa Arab serta memahami kaidah-kaidah naḥwiyyah dan ṡarfiyyah. Kekurangannya adalah selain harus menguasai bahasa Indonesia, Santri juga harus menguasai bahasa Jawa, karena bahasa yang digunakan dalam penerjemah ḥarfiyyah ini menggunakan bahasa Jawa. Kata kunci: Problematika, Terjemah Ḥarfiyyah, Pembelajaran Qawāid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli M.S.I
Uncontrolled Keywords: Problematika, Terjemah Ḥarfiyyah, Pembelajaran Qawāid.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2019 09:29
Last Modified: 14 May 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum