EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TIPE PICTURE GAME DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA TA 2018/2019

Ailiya Amiroh, NIM. 14420081 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TIPE PICTURE GAME DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA TA 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TIPE PICTURE GAME DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA TA 2018/2019)
14420081_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF TIPE PICTURE GAME DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA KELAS VII MTS NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTA TA 2018/2019)
14420081_ BAB II, IIII, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII MTsN 5 Sleman Yogyakarta kurang mampu dalam membaca teks bacaan berbahasa Arab dan memahami isinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran qirā’ah adalah permainan edukatif tipe picture game. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar penggunaan media permainan edukatif berupa picture game dalam pembelajaran qirā’ah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas VII MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Negeri 5 Sleman Yogyakarta sebanyak 128 siswa. Adapun sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai berupa analisis data statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 79.09 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,09. Selisih nilai sebesar 10. Hasil analisis uji t pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HRa Rditerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : Eksperimentasi, Permainan Edukatif, Picture Game, Pembelajaran Qirā’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Permainan Edukatif, Picture Game, Pembelajaran Qirā’ah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2019 09:29
Last Modified: 14 May 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34941

Actions (login required)

View Item View Item