KOMPLEKSITAS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN (Studi Psikoanalisa-Feminisme atas Novel Hika>yah Zahrah Karya H{ana>n Al-

Faulina Kaulin, NIM : 16201010011 (2019) KOMPLEKSITAS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN (Studi Psikoanalisa-Feminisme atas Novel Hika>yah Zahrah Karya H{ana>n Al-. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (KOMPLEKSITAS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN (Studi Psikoanalisa-Feminisme atas Novel Hika>yah Zahrah Karya H{ana>n Al-)
16201010011_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Other (KOMPLEKSITAS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PEREMPUAN (Studi Psikoanalisa-Feminisme atas Novel Hika>yah Zahrah Karya H{ana>n Al-)
16201010011_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji kompleksitas kepribadian yang terdapat dalam tokoh perempuan utama yang bernama Zahrah dalam menghadapi konflik-konflik hidup terkait budaya patriarki di dalamnya. Konflik-konflik dalam hidupnya yang tidak jauh dari kendali budaya patriarki mempengaruhi kondisi psikologi Zahrah khususnya yang berhubungan dengan alam sadar dan alam bawah sadarnya yang kemudian membentuk dalam sebuah struktur kepribadian. Dengan demikian, tesis ini mengungkapkap kompleksitas kepribadian Zahrah dalam mengatasi konflikkonflik kehidupannya, pengaruh alam sadar dan alam bawah sadarnya serta interaksi yang terdapat dalam struktur kepribadiannya dalam kompleksitas kepribadiannya dengan menggunakan teori psikoanalisis Freud dan juga dibantu dengan pendekatan feminisme. Metode analisis yang digunakan dalam tesis ini adalah metode content analysis dengan jenis penelitian berupa deksriptif kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan metode content analysis maka penelitian ini merupakan penelitian yang mendeskripsikan, menganalisis dan menafsirkan novel Hika>yah Zahrah. Penyajian laporan penelitian ini dibuktikan dengan kutipankutipan yang berkaitan dengan analisis untuk bukti yang mendukung dari aspek feminis maupun psikologi. Analisis yang dilakukan dalam tesis ini menemukan bahwa Zahrah menghadapi konflik terkait budaya patriarki dari aspek kekerasan dan juga ketidakdilan menjadi seorang perempuan. Konflik-konflik tersebut menghadirkan kompleksitas kepribadian yang dipengaruhi alam sadar dan alam bawah sadarnya seperti mimpi dan halusinasi. Wujud mimpi dan halusinasi tidak hanya terbentuk karena pengalaman tetapi juga kepercayaan terhadap budaya masyarakat setempat. Kompleksitas kepribadian juga terbentuk dari interaksi struktur kepribadian yang terdapat di dalam diri Zahrah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tatik Maryatut Tasnimah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Psikoanalisa, feminisme, dan konflik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 May 2019 09:19
Last Modified: 08 May 2019 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum