PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

OTORIKA WATI, NIM. 13680012 (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)
13680012_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 KEPIL WONOSOBO MATERI PRTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)
13680012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) dan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes dengan instrumen berupa soal pre-test dan post-test. Analisis data motivasi belajar menggunakan analisis statistik non parametrik berupa uji Mann-Whitney dan untuk hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik parametrik berupa uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney dengan nilai sig. sebesar 0,000 0,05, 2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe index card match (ICM) terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil uji-t dengan nilai sig. sebesar 0,003 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: active learning, index card match (ICM), motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 May 2019 12:59
Last Modified: 08 May 2019 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum