STUDI PELAKSANAAN PRAKTIKUM UJI ZAT MAKANAN KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

ELIANA FAUZIYAH, NIP. 14680033 (2019) STUDI PELAKSANAAN PRAKTIKUM UJI ZAT MAKANAN KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PELAKSANAAN PRAKTIKUM UJI ZAT MAKANAN KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
14680033_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI PELAKSANAAN PRAKTIKUM UJI ZAT MAKANAN KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
14680033_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kelengkapan alat dan bahan laboratorium biologi, mengetahui hasil analisis persiapan pelaksanaan praktikum, pelaksanaan praktikum, dan tindak lanjut pelaksanaan praktikum uji zat makanan kelas XI di MAN se-Kabupaten Bantul tahun ajaran 2018/2019. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan praktikum biologi di MAN se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian survei (studi lapangan). Penelitian telah dilakukan pada bulan November hingga Desember 2018. Sampel dalam penelitian adalah guru biologi kelas XI dan siswa kelas XI IPA. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik angket, observasi, dan wawancara. Data hasil penelitian dikumpulkan dan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis kelengkapan alat dan bahan laboratorium biologi di MAN se-Kabupaten Bantul termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 83.01% (angket) dan 87.15% (observasi). Kelengkapan alat dan bahan yang ditinjau meliputi peralatan pendidikan, alat dan bahan percobaan, serta bahan habis pakai. 2) Hasil analisis persiapan pelaksanaan praktikum termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 79.92% (angket) dan 80.93% (observasi). Persiapan pelaksanaan praktikum ditinjau dari persiapan guru dan persiapan siswa. 3) Hasil analisis pelaksanaan praktikum termasuk kategori sangat baik dengan persentase data angket sebesar 82.22% dan didukung data observasi sebesar 82.74%. Penilaian pelaksanaan praktikum meliputi aspek kinerja guru dan siswa ketika berlangsungnya praktikum. 4) Hasil analisis tindak lanjut pelaksanaan praktikum diperoleh rata-rata sebesar 84.14% (angket) dan 87.17% (observasi). Tindak lanjut pelaksanaan praktikum termasuk kategori sangat baik. Penilaian tindak lanjut pelaksanaan praktikum meliputi aspek keterampilan siswa dan laporan praktikum. 5) Kendala dalam pelaksanaan praktikum biologi kelas XI di MAN se-Kabupaten Bantul yaitu belum adanya laboran ataupun teknisi laboratorium, waktu untuk pelaksanaan praktikum yang terbatas, dan kurangnya kesiapan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: studi, pelaksanaan praktikum biologi, MAN se-Kabupaten Bantul
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 May 2019 13:34
Last Modified: 08 May 2019 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum