STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL

LUKLUK MA’RIFATUSSAKHIYA, ’ NIM. 14680037 (2019) STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL)
14680037_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (STUDI KELENGKAPAN DAN PEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SE-KABUPATEN BANTUL)
14680037_BAB II_III_IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kelengkapan serta kondisi alat-alat laboratorium biologi MAN se-Kabupaten Bantul, 2) tingkat pemanfaatan alat-alat laboratorium biologi kelas XI MAN se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang diambil yaitu seluruh MAN se-Kabupaten Bantul. Sampel yang digunakan yaitu 4 kelas yang terdiri dari perwakilan 1 kelas sampel dari setiap sekolah yaitu dari kelas XI IPA. Teknik Pengumpulan data untuk studi kelengkapan alat laboratorium biologi menggunakan lembar observasi. Teknik pengumpulan data kemanfaatan alat laboratorium biologi kelas XI menggunakan lembar angket dan juga lembar wawancara. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menghitung persentase yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kelengkapan alat laboratorium biologi MAN se- Kabupaten Bantul berada pada kategori kurang baik dengan persentase sebesar 58,1%. Seharusnya ketersediaan alat laboratorium dapat dilengkapi lagi dengan membuat rancangan pengadaan alat ditinjau berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pendidikan, sedangkan kondisi alat laboratoriumnya berada pada kondisi sangat baik dengan persentase sebesar 96,2%. Keadaan yang baik ini salah satu faktor penyebabnya adalah karena beberapa alat kurang dimanfaatkan atau digunakan dengan baik; 2) tingkat pemanfaatan laboratorium biologi kelas XI secara keseluruhan MAN se-Kabupaten Bantul mencapai persentase 82,47% dengan kategori baik. Laboratorium biologi dapat dimanfaatkan lebih maksimal lagi, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kelengkapan, pemanfaatan, alat laboratorium biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 May 2019 13:38
Last Modified: 08 May 2019 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum