EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 14 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM ZONASI

MUHAMMAD OKTO VAHREZI, NIM : 14370013 (2019) EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 14 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM ZONASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 14 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM ZONASI)
14370013_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 14 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM ZONASI)
14370013_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sejak dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 perubahan sistem penerimaan peserta didik baru jenjang SD, SMP, dan SMA menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan zona atau zonasi ini lah kriteria pseserta didik baru dapat di terima di sekolah dalam naungan pemerintah daerah atau sekolah negeri. Perubahan sistem ini menjadi baru karena pada sistem-sistem sebelumnya kriteria penerimaan bagi sekolah negeri adalah dengan cara rangking peserta berdasarkan prestasi. Prestasi ini lah yang penjadi persaingan untuk dapat masuk di sekolah-sekolah negeri. Karena adanya daya saing sehingga secara otomatis muncullah seleksi. Seleksi ini lah yang kemudian menjadi daya saing bagi calon peserta didik baru. Kemudian muncullah predikat sekolah favorit dan sekolah unggulah karena di huni oleh siswa-siswa berprestasi dari hasil seleksi melalui jalur prestasi pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta yang terletak di kecamatan Kotagede.. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, SMP Negeri 9 Yogyakarta dan masyarakat sekitar Kotagede yang masih masuk dalam radius zonasi untuk menguatkan bahwa data yang diperoleh sesuai dengan keilmuan narasumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisa sejauh mana aturan hukum yang ada berlaku secara efektif dan mengkombinasikannya dengan kenyataan yang berjalan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan Teori Siyasah Syar’iyyah sebagai alat analisis. Teori Siyasah Syar’iyyah digunakan dalam penelitian ini karena penelitian ini membahas tentang sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai pihak yang memiliki kuasa sehingga dapat ditemukan korelasi antara teori serta pembahasan dalam penelitian ini. Penelitian ini juga akan menganalisa tentang kefektivitas sebuah kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah menggunakan teori efektivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Zonasi sebagai sebuah sistem baru dalam sistem penerimaan peserta didik baru yang di terapkan di SMP Negeri 9 Yogyakarta sebagai mandat dari aturan Permendikbud No 14 Tahun 2018 berdasarkan teori efektivitas dalam point ke-tiga yakni sarana dan prasana pendukung kebijakan masih kurang sesuai dan perlu di tinjau kembali. Berdasarkan Teori Siyȃsah Syar’iyyah telah sejalan dengan Undang-undang dan juga telah sesuai dengan prinsip dalam Siyȃsah Syar’iyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. OCKTOBERRINSYAH, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sistem Zonasi, Efektivitas Peraturan Menteri, Siyȃsah Syar’iyyah, Permendikbud No 14 Tahun 2018
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 May 2019 13:29
Last Modified: 09 May 2019 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum