PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJATERAKAN MASYARAKAT DESA (STUDI TERHADAP KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI DESA WANGUNHARJA CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI)

ANDY RIANTO, NIM. 15370029 (2019) PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJATERAKAN MASYARAKAT DESA (STUDI TERHADAP KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI DESA WANGUNHARJA CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJATERAKAN MASYARAKAT DESA (STUDI TERHADAP KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI DESA WANGUNHARJA CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI))
15370029_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJATERAKAN MASYARAKAT DESA (STUDI TERHADAP KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI DESA WANGUNHARJA CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI))
15370029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, kemiskinan adalah sesuatu yang nyata adanya dalam masyarakat. Kemiskinan sendiri merupakan masalah yang kompleks. Pemerintah selalu berupaya menjalankan program-program untuk menanggulangi kemiskinan yang ada. Desa khusunya, kepala desa sebagai pemimpin di desa adalah sosok pemimpin yang bisa langsung berkomunikasi dengan masyarakat. Perannya dalam mengatasi kemiskinan sangat penting demi kesejahteraan masyarakat. Kita ketahui bersama bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh persamaan dan keadilan berdasarkan mandat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 Ayat 1. Semua masyarakat menginginkan kesejahteraan hidup dan memiliki kemakmuran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Wangunharja Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan Kepala Desa Wangunharja beserta jajarannya dan juga beberapa masyarakat setempat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala desa Wangunharja dalam pengentasan kemiskinan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala desa Wangunharja telah berperan dalam melaksanakan pengentasan kemiskinan dengan bertujuan mensejahterakan masyarakat desa Wangunharja dengan programprogram yang telah dikeluarkannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala Desa Wangunharja berhasil mensejahterkan masyarakat desa wangunharja dalam permaslahan kemiskinan. Dimana angka kemiskinan di Desa Wangunharja menurun berkat kebijakan kepala desa wangunharja dalam mengeluarkan program pengentasan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. AHMAD PATTIROY, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepala Desa, kesejahteraan, kemiskinan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 May 2019 08:04
Last Modified: 10 May 2019 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34987

Actions (login required)

View Item View Item