PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA HASIL PENGOLAHAN BARANG BEKAS DI TK ABA DUKUH BANTUL YOGYAKARTA

Noor Lutfiyati, NIM. 13430027 (2019) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA HASIL PENGOLAHAN BARANG BEKAS DI TK ABA DUKUH BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA HASIL PENGOLAHAN BARANG BEKAS DI TK ABA DUKUH BANTUL YOGYAKARTA)
13430027_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MEDIA HASIL PENGOLAHAN BARANG BEKAS DI TK ABA DUKUH BANTUL YOGYAKARTA)
13430027_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengembangan keterampilan motorik halus yang dapat dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahuai media apa saja yang dihasilkan dari pengolahan barang bekas di TK ABA Dukuh? (2)untuk mengetahui pengembangan apa saja yang dilakukan pendidik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK ABA Dukuh? (3) dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus apa saja yang dapat diamati dari hasil pengolahan barang bekas oleh anak-anak di TK ABA Dukuh? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di TK ABA Dukuh jalan Bantul Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi pada anak didik di kelas B3, metode wawancara dengan pendidik, guru kelas, murid, dan dokumentasi di TK ABA Dukuh jalan Bantul Yogyakarta dan metode dokumentasi. Data penelitian berupa : profil sekolah, RKH serta dokumen lain yang mendukung penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media yang dihasilkan dari pengolahan barang bekas berupa bentuk pesawat dari botol bekas, miniatur masjid dari kardus, bentuk kapal dari koran bekas, gambar bedug dari kardus, dan puzzle dari kardus bekas bungkus susu. (2) Pendidik memberikan variasi kegiatan dan tempat belajar yang nyaman serta memberikan kesempatan pada anak untuk berkarya dengan ide masing-masing anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Keterampilan, Motorik Halus, Media, Barang Bekas.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2019 06:15
Last Modified: 13 May 2019 06:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34993

Actions (login required)

View Item View Item