IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM TIMURAN YOGYAKARTA

SUCI AMANAH, NIM. 14430062 (2019) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM TIMURAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM TIMURAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BERMAIN KARTU DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B4 DI TK ISLAM TIMURAN YOGYAKARTA)
14430062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pendidikan dasar Al- Quran yang diajarkan oleh lingkungan keluarga atau lembaga pendidikan kepada anak usia dini. Pemberian pendidikan Al-Quran yaitu pengenalan huruf hijaiyah yang dapat dilakukan dalam lembaga pendidikan dengan salah satu pendekatan melalui metode bermain kartu. Pembelajaran dilakukan dari kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diaplikasikan dalam bentuk permainan dan media kartu yang mendidik dengan suasana menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar TK Islam Timuran Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebutlah dapat ditarik kesimpulan. Triangulasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Metode Bermain Kartu Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Peserta Didik Kelompok B4 Di TK Islam Timuran Yogyakarta dilaksanakan pada kegiatan awal saat materi Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan berbagai permainan kartu seperti lomba menyusun huruf hijaiyah, komunikata, mengurutkan huruf hijaiyah, menjodohkan kartu bunyi lafadz dengan kartu bentuk huruf hijaiyah yang dilaksanakan secara individu maupun kelompok. Kegiatan ini memberikan manfaat serta fungsi yang memiliki kontribusi baik dalam mengembangkan potensi dan aspek perkembangan anak. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam implementasi metode bermain kartu dalam pembelajaran huruf hijaiyah. Faktor pendukung meliputi metode pembelajaran yang menarik, media kartu yang mudah dan efektif, meningkatnya minat dan keaktifan anak, suasana kelas yang kondusif. Faktor penghambat seperti: karakter setiap anak yang berbeda, kelengkapan media kartu, waktu pembelajaran yang terbatas, prasarana ruang kelas yang belum sesuai dengan jumlah anak sehingga mempengaruhi kebebasan gerak anak saat permainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Kartu, Pembelajaran Huruf Hijaiyah
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 May 2019 14:05
Last Modified: 14 May 2019 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum