UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA RAKSASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL

NORA VADILA, NIM. 14430095 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA RAKSASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA RAKSASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430095_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA ULAR TANGGA RAKSASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM PLUS MUTIARA BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL)
14430095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan mengenal angka anak kelompok B di TK Islam Plus Mutiara sebelum menggunakan media ular tangga raksasa, (2) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan menggunakan media ular tangga raksasa dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka di TK Islam Plus Mutiara, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka anak setelah menggunakan media ular tangga raksasa kelompok B TK Islam Plus Mutiara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model Kemmis & Mc Taggart dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak kelas B di TK Islam Plus Mutiara. Objek penelitian ini berupa kemampuan mengenalkan angka. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan mengenalkan angka pada anak menggunakan media ular tangga raksasa, hasil dilihat dari kegiatan pratindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil penilaian pada kegiatan pratindakan menunjukkan bahwa jumlah 86 dengan presentase 57,3% terjadi meningkat setelah dilakukan siklus I menjadi 100 dengan presentase 66,7%, dan kemudian meningkat lagi setelah dilakukan pada siklus II ini berjumlah menjadi 125 dengan prsentase 83,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain menggunakan media ular tangga raksasa dapat meningkatkan kemampuan mengenalkan angka pada anak kelas B di TK Islam Plus Mutiara Baturetno Banguntapan Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Pd.I., M.A.,
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenalkan angka, media ular tangga
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 May 2019 01:49
Last Modified: 14 May 2019 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35002

Actions (login required)

View Item View Item