IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK PADA KELOMPOK B NABI MUHAMMAD TKIT AL-KHAIRAAT WARUNGBOTO UMBULHARJO

HANHAN NURHAYATI, NIM. 15430001 (2018) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK PADA KELOMPOK B NABI MUHAMMAD TKIT AL-KHAIRAAT WARUNGBOTO UMBULHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK PADA KELOMPOK B NABI MUHAMMAD TKIT AL-KHAIRAAT WARUNGBOTO UMBULHARJO)
1543001_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK PADA KELOMPOK B NABI MUHAMMAD TKIT AL-KHAIRAAT WARUNGBOTO UMBULHARJO)
1543001_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini di latar belakangi oleh kegiatan hafalan Al-Qur‟an yang diterapkan di TKIT Al-Khairaat dengan menggunakan metode Ummi. Metode Ummi merupakan sebuah metode untuk menghafal Al-Qur‟an dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disusun oleh Ummi Foundation. Pada awalnya TKIT Al-Khairaat menggunakan metode Qira’ati dalam menghafalkan Al-Qur‟an dan dengan berjalannya waktu TKIT Al-Khairaat menggunakan metode Ummi. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak pada kelompok B Nabi Muhammad TKIT Al-Khairaat Warungboto Umbulharjo? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an pada kelompok B Nabi Muhammad TKIT Al Khairaat Warungboto Umbulharjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif lokasi TKIT Al-Khairaat Warungboto Umbulharjo. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak mengalami kenaikan yang signifikan hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hafalan anak dengan nilai BSH sebanyak 11 anak, MB sebanyak 3 anak dan BSB sebanyak 2 anak. Jadi dapat dilihat di TKIT Al-Khairaat pada kelompok B Nabi Muhammad menggunakan metode Ummi dapat mencapai hafalan target yang telah ditentukan oleh metode Ummi sendiri ataupun yang telah ditentukan oleh sekolah. Faktor pendukung yang membantu tercapainya target hafalan Al-Qur‟an anak yaitu Antusian dan semangat anak ketika melaksanakan hafalan Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi, karena anak merasa senang dalam usia nya yang berkisar antara 5-6 tahun dapat menerapkan metode Ummi dengan mengguakan irama, adanya guru yang sudah bersertifikasi dan satu guru sudah mengampu 15-16 anak, metode Ummi menggunakan irama sehingga anak tidak bosan, dukungan ornagtua yang ingin menjadikan anaknya hafal Al-Qur‟an. Faktor penghambat dari implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur‟an pada kelompok B Nabi Muhammad TKIT Al-Khairaat yaitu kurangnya pengkondisian anak, fokus anak sering berubah-ubah dan waktu memulai kegiatan hafalan Al-Qur‟an masih kurang efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi, hafalan Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 May 2019 10:48
Last Modified: 14 May 2019 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item