PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BATIK JUMPUTAN PADA KELOMPOK B3 DI RA AR RAIHAN BANTUL

Alfiyanti Nurkhasyanah, NIM. 15430034 (2019) PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BATIK JUMPUTAN PADA KELOMPOK B3 DI RA AR RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BATIK JUMPUTAN PADA KELOMPOK B3 DI RA AR RAIHAN BANTUL)
15430034_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BATIK JUMPUTAN PADA KELOMPOK B3 DI RA AR RAIHAN BANTUL)
15430034_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap pengembangan motorik halus anak kelompok B3 RA Ar Raihan Bantul kemampuan gerak atau motorik halusnya masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan batik jumputan pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil peneltian menunjukkan: (1) Implementasi kegiatan batik jumputan itu sendiri dilakukan sesuai dengan RPPH yang dibuat yang berisikan pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan selama main, pijakan setelah main.Kegiatan batik jumputan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran anak dan anak diberikan kesempatan maupun kebebasan untuk berekpresi sehingga anak dapat menuangkan ide gagasan. Guru memegang peran dan peran guru memberikan stimulus, bimbingan, arahan, serta motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam mengaplikasikan pengembangan motorik halus untuk waktu jangka panjang secara terarah. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul ada peningkatan dalam pengembangan motorik halus yang signifikan hal tersebut dapat dibuktikan dengan perbedaan anak yang pengembangan motorik halusnya berkembang sangat baik terdapat 21 anak sedangkan terdapat 7 anak yang pengembangan motorik halusnya berkembang sesuai harapan.(3)Faktor pendukung meliputi : mudahnya media yang didapat, sarana dan prasarana sekolah cukup memadai, peserta didik antusias terhadap kegiatan batik jumputan sedangkan faktor penghambatnya yakni proses pembuatan lama, proses yang bertahap-tahap, perlu media yang banyak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap pengembangan motorik halus anak kelompok B3 RA Ar Raihan Bantul kemampuan gerak atau motorik halusnya masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Implementasi kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan batik jumputan pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil peneltian menunjukkan: (1) Implementasi kegiatan batik jumputan itu sendiri dilakukan sesuai dengan RPPH yang dibuat yang berisikan pijakan lingkungan main, pijakan pengalaman sebelum main, pijakan selama main, pijakan setelah main.Kegiatan batik jumputan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran anak dan anak diberikan kesempatan maupun kebebasan untuk berekpresi sehingga anak dapat menuangkan ide gagasan. Guru memegang peran dan peran guru memberikan stimulus, bimbingan, arahan, serta motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam mengaplikasikan pengembangan motorik halus untuk waktu jangka panjang secara terarah. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan batik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B3 di RA Ar Raihan Bantul ada peningkatan dalam pengembangan motorik halus yang signifikan hal tersebut dapat dibuktikan dengan perbedaan anak yang pengembangan motorik halusnya berkembang sangat baik terdapat 21 anak sedangkan terdapat 7 anak yang pengembangan motorik halusnya berkembang sesuai harapan.(3)Faktor pendukung meliputi : mudahnya media yang didapat, sarana dan prasarana sekolah cukup memadai, peserta didik antusias terhadap kegiatan batik jumputan sedangkan faktor penghambatnya yakni proses pembuatan lama, proses yang bertahap-tahap, perlu media yang banyak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 May 2019 12:03
Last Modified: 14 May 2019 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum