PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) pada Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga oleh: DIMAS SONI NUGROHO NIM. 12250005 Pembimbing Drs. Lathiful Khuluq,MA, Ph. D NIP 19680610 199203 1003 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019

DIMAS SONI NUGROHO, NIM. 12250005 (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) pada Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga oleh: DIMAS SONI NUGROHO NIM. 12250005 Pembimbing Drs. Lathiful Khuluq,MA, Ph. D NIP 19680610 199203 1003 PROGRAM STUDI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) pada Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Kalij)
12250005_ BAB-I_IV-atau -V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1) pada Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Kalij)
12250005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Paritisipasi masyarakat dan Implementasi dalam Program Kampung Iklim Desa Kembang, Kecamatan Sirnoboyo, Kabupaten Pacitan. Skripsi: Program Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi Robert Chamberts bahwa partisipasi masyarakat dipentingkan dalam pembanguan. Pembanguan yang tidak melibatkan masyarakat hanya menghasilkan ketimpangan sosial ekonomi. Salah satu pembangunan yang marak saat ini adalah pembangunan desa yang berbasis program kampung iklim, dimana pada tahun 2013, jumlah lokasi kampung proklim adalah 180 lokasi yang tersebar di 14 Provinsi. Pemerintah menargetkan terdapat sebanyak 1.000 Proklim pada 2020 yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu program kampung iklim tersebut adalah Desa Kembang, Sirnoboyo, kabupaten Pacitan. Desa ini menerik kerena pembangunannya melibatkan partisipasi masyrakat, mulai dari dari tokoh formal (dukuh) sampai pemuda. Proses pembangun tersebut menghasilkan perubahan, dimana Desa Kembang yang dulunya sebagai zona merah (kawasan kumuh) dan tidak terkenal, saat ini menjadi kawasan yang bersih dan lawak huni serta menjadi desa panutan. Berdasarkan hal itu maka saya tertarik untuk meneliti bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan Program Kampung Iklim di Desa Kembang. Teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan purposive samping. Dengan strategi yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah pengambilan sampel dan pengambilan sampel kasus ekstrem atau yang menyimpang. Peneliti juga mengunakan metode dokumentasi dan observasi partisipotoris dalam berbagai kegiatan, seperti kerja bakti. Semua data kemudian dilihat validitas datanya, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk(wujud) partisipasi masyarakat dalam pengembangan Program Kampung Iklim ini tiga dari buku Talizidhuhu Ndraha yang berjudul Pengembangan Masyarakat Mempersiapkan Masyarakkat Tinggal Landas,yaitu, partisipasi tenaga, pikiran, serta uang (materi). Partisipasi yang paling banyak adalah tenaga, namun kenyataanya tingkatan terasa sulit diukur melalui wujud partisipasi. Karena hal ini disebabkan tenaga, uang serta pikiran saling berkaitan dalam melaksanakan pengembangan Program Kampung Iklim. Dilihat dari sifatnya, munculnya partisipasi ada yang dengan paksaan, namun lebih banyak sukarela. Sukarela ini karena masyarakat sudah terbentuk mimpi bersama untuk mewujudkan Desa kembang menjadi program kampung iklim yang sudah dikenal masyarakat luas, sehingga menghasilkan kontribusi ekonomi dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Sedangkan paksaan lebih banyak dilakukan kepada pihak luar yang datang seperti mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq,MA, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Bentuk-Bentuk Partisipasi. Program Kampung Iklim.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2020 14:14
Last Modified: 08 Jan 2020 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum