STRATEGI KOPING KELUARGA DALAM MENGHADAPI ANGGOTA KELUARGA PENDERITA GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI RSJ GRHASIA YOGYAKARTA)

REZI NURFEBRIANI, nim 12250047 (2019) STRATEGI KOPING KELUARGA DALAM MENGHADAPI ANGGOTA KELUARGA PENDERITA GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI RSJ GRHASIA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOPING KELUARGA DALAM MENGHADAPI ANGGOTA KELUARGA PENDERITA GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI RSJ GRHASIA YOGYAKARTA))
12250047_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOPING KELUARGA DALAM MENGHADAPI ANGGOTA KELUARGA PENDERITA GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI RSJ GRHASIA YOGYAKARTA))
12250047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rezi Nurfebriani 12250047, Strategi Koping Keluarga dalam Menghadapi Anggota Keluarga Penderita Gangguan Jiwa (Studi Kasus di RSJ Grhasia Yogyakarta). Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi koping keluarga dalam menghadapi anggota keluarga penderita gangguan jiwa di RSJ Grhasia Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi melihat permasalahan ganguan jiwa berat sangat tinggi di indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan proses kesembuhan dalam merawat pasien ganggun jiwa berat membutuhkan waktu yang lama. Dibutuh kan strategi koping guna untuk meminimalisir stres bagi keluarga yang mempunyai anggota keluarga penderita gangguan jiwa. Agar tetap bisa merawat pasien dan tetap melanjutkan kehidupan selanjutnya, walaupun memiliki masalah. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati fisik bangunan, kegiatan langsung penderita gangguan jiwa di RSJ Grhasia, dan lain-lain. Wawancara mendalam dilakukan dengan lima orang yaitu dua keluarga yang merawat penderita, satu keluarga terdekat penderita dan satu ibu kepala desa. Dokumentasi meliputi foto-foto yang terkait dengan sumber data. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, tahap display, tahap kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi koping yang digunakan keluarga dalam menghadapi anggota keluarga penderita gangguan jiwa di RSJ Grhasia Yogyakarta yaitu menggunakan strategi koping Lazarus dan Folkman yaitu Problem Focused Coping (PFC) dan Emotion Focused Coping (EFC) yang terdiri dari, Confrontative Coping, Seeking Social Support, Planful Problem Solving, Self – Control, Distancing, Positive Reappraisal, Accepting Responsibility, Escape/Avoidance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Koping, Keluarga, Gangguan jiwa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2020 14:15
Last Modified: 08 Jan 2020 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum