PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SUKORAME OLEH KOPERASI NOTOWONO DALAM MEMBANGUN DESTINASI WISATA BARU (Studi Kasus Wisata Seribu Batu Songgo Langit Dlingo, Bantul)

Mila Marlinda, NIM : 14250027 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SUKORAME OLEH KOPERASI NOTOWONO DALAM MEMBANGUN DESTINASI WISATA BARU (Studi Kasus Wisata Seribu Batu Songgo Langit Dlingo, Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SUKORAME OLEH KOPERASI NOTOWONO DALAM MEMBANGUN DESTINASI WISATA BARU (Studi Kasus Wisata Seribu Batu Songgo Langit Dlingo, Bantul))
14250027_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SUKORAME OLEH KOPERASI NOTOWONO DALAM MEMBANGUN DESTINASI WISATA BARU (Studi Kasus Wisata Seribu Batu Songgo Langit Dlingo, Bantul))
14250027_BABII_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mila Marlinda, 14250027, Pemberdayaan Masyarakat Sukorame Oleh Koperasi Noto Wono Dalam Membangun Destinasi Wisata Baru (Studi Kasus Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Dlingo, Bantul), Skripsi, Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemiskinanan merupakan permasalahan yang cukup kompleks di dalam suatu negara. Kemiskinan erat kaitannya dengan kesejahteraan, semakin tinggi angka kemiskinan maka semakin semakin rendah tingkat kesejahteraannya begitupun sebaliknya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan SDA, hal ini tentunya sangat menguntungkan dalam bidang kepariwisataan. Karena dewasa ini pariwisata sering dipandang sebagai sebagai sektor yang sangat terkemuka dalam ekonomi dunia. Padukuhan Sukorame yang berada di Dlingo, Bantul, DIY memiliki aset alam yang sangat melimpah yang dimanfaat untuk menjadi objek wisata yaitu wisata Seribu Batu Songgo Langit, namun pengelolaan wisata ini sempat colaps sehingga pihak ketiga Koperasi masuk untuk melakukan pemberdayaan. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan usaha yang dilakukan koperasi Noto Wono untuk memberdayakan masyarakat Sukorame dalam membangun destinasi wisata baru serta menggambarkan dampak pemberdayaan masyarkat Sukorame oleh koperasi Noto Wono melalui pengelolaan destinasi wisata baru terhadap keberdayaan masayrakat Sukorame. Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data mengguanan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan ketua koperasi, wakil ketua pengelola wisata Seribu Batu Songgo Langit, sekretaris II wisata Seribu Batu Songgo Langit, masyarakat pengelola wisata Seribu Batu Songgo Langit, masyarakat freelance. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan yang dilakukan koperasi Noto Wono lebih kepada sebagian segmen masyarakat yakni 47 orang yang menjadi pengelola wisata dan masyarakat freelance sedangkan masyrakat Sukorame pada umumnya tidak terlalu diberdayakan. Dampak program pemberdayaan pun hanya dirasakan oleh segmen masayarakat yaitu pengelola wisata dan masyarakat freelance bukan masyarakat umum Sukorame.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Thi,. M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayan Masyrakat, Koperasi, Pariwisata.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2020 14:44
Last Modified: 08 Jan 2020 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum