PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PEDAGANG BAKSO Studi Pada Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri

Isfan Fajar Priyambodo, NIM. 15250031 (2019) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PEDAGANG BAKSO Studi Pada Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PEDAGANG BAKSO Studi Pada Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri)
15250031_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PEDAGANG BAKSO Studi Pada Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri)
15250031_BAB-II_S.D_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ISFAN FAJAR PRIYAMBODO. Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Pedagang Bakso Studi Pada Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta : Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Kesejahteraan keluarga adalah suatu kondisi dinamis keluarga dimana terpenuhi kebutuhan fisik materiil, mental sepiritual dan sosial, yang memungkinkan keluarga dapat hidup wajar sesuai dengan lingkungannya serta memungkinkan anak-anak tumbuh kembang dan memperoleh perlindungan yang diperlukan untuk membentuk sikap mental dan kepribadian yang mantap dan matang sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang peningkatan kesejateraan keluarga pedagang bakso di Dusun Jagir Desa Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesejahteraan Keluarga Pedagang Bakso sebelum dan sesudah berdagang bakso dalam memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga mampu menjalankan keberfungsian sosial di keluarga maupun masyarakat. Penelitian ini menggunakan Teori Humanistik Abraham Maslow dimana Ada lima kebutuhan bertingkat dari pada manusia yang di jelaskan oleh Abraham Maslow serta penelitian dilapangan dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah 8 (delapan) pedagang bakso, kepala desa dan tokoh masyarakat di Dusun Jagir. Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Pedagang Bakso di Dusun Jagir, Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan, penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa masyarakat di dusun jagir yang sebagai pedagang bakso mengalami peningkatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Hal ini terlihat dari mereka sebelum berdagang bakso dan setelah berdagang bakso mereka mengalami proses dalam peningkatan pemenuhan kebutuhan untuk kesejahteraan keluarga. Peningkatan yang tediri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan akan rasa memiliki dan dimiliki, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri tersebut terbukti dalam penelitian kali ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kesejahteraan Keluarga, Pedagang Bakso
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:12
Last Modified: 13 Jan 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum