PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI KELOMPOK UPPKS (USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA) PUSPA MEKAR DALAM MELAKSANAKAN HOME INDUSTRI DI DUSUN PRANGWEDANAN

Arini Luciana, NIM. 15250034 (2019) PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI KELOMPOK UPPKS (USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA) PUSPA MEKAR DALAM MELAKSANAKAN HOME INDUSTRI DI DUSUN PRANGWEDANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI KELOMPOK UPPKS (USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA) PUSPA MEKAR DALAM MELAKSANAKAN HOME INDUSTRI DI DUSUN PRANGWEDANAN)
15250034_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN BUDAYA ORGANISASI KELOMPOK UPPKS (USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA) PUSPA MEKAR DALAM MELAKSANAKAN HOME INDUSTRI DI DUSUN PRANGWEDANAN)
15250034_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Arini luciana, 15250034, Penerapan budaya organisasi kelompok UPPKS Puspa Mekar dalam melaksanakan home industri di Dusun Prangwedanan: Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 sampai Maret 2019 dengan tujuan untuk mengetahui penerapan budaya organisasi kelompok UPPKS Puspa Mekar serta berbagai jenis kegiatan usaha home industri yang dilakukan anggota kelompok dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga di Dusun Prangwedanan. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi oleh terpilihnya kelompok UPPKS Puspa Mekar sebagai salah satu kelompok yang mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha dengan lancar setiap tahunnya dari instansi BKKBN melalui program UPPKS. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (fileld research) dan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah 1 (satu) orang petugas PLKB Kecamatan Banguntapan, 1 (satu) orang Kepala Dusun Prangwedanan, 1 (satu) orang pengurus kelompok UPPKS Puspa Mekar yang aktif, dan 1 (satu) orang anggota kelompok yang memiliki usaha. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Selain itu, untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan budaya organisasi kelompok UPPKS Puspa Mekar dalam melaksanakan home industri di Dusun Prangwedanan memiliki karakteristik budaya yang unik. Karakteristik budaya tersebut berupa: adanya keteraturan perilaku yang diwujudkan melalui pertemuan rutin; adanya norma yang berupa prinsip gandeng renteng yang sesuai dengan strategi yang telah disepakati bersama; adanya nilai yang dominan (idealisme, kebersamaan dan humanisme); filosofi organisasi tentang cara memperlakukan anggota; aturan tentang besarnya jumlah pinjaman modal bagi anggota yang baru bergabung; iklim organisasi yang berupa seragam dan pola interaksi terbuka. Budaya tersebut berpengaruh pada kegiatan usaha yang dilakukan anggota kelompok UPPKS Puspa Mekar dan mempunyai dampak positif yang dapat diukur melalui: kemandirian meningkatkan pendapatan, keahlian mengelola usaha, dan partisipasi dalam proses pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Kelompok UPPKS Puspa Mekar, Home Industri
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:13
Last Modified: 13 Jan 2020 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum