PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA MUNGGANGSARI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO MELALUI PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG VANNAMEI

Isnaeni Mauludiyah, NIM: 15250044 (2019) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA MUNGGANGSARI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO MELALUI PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG VANNAMEI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA MUNGGANGSARI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO MELALUI PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG VANNAMEI)
15250044_BAB- I_ IV_DAFTAR PUSRAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA MUNGGANGSARI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO MELALUI PENGEMBANGAN BUDIDAYA UDANG VANNAMEI)
15250044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Isnaeni Mauludiyah, 15250044, Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Munggangsari Melalui Pengembangan Budidaya Udang Vannamei”. Wilayah pesisir di Indonesia selalu identik dengan permasalahan kemiskinan dan keterbelakangan kesejahteraan maupun pendapatan yang diakibatkan tertinggal dari segi pembangunan. Pengelolaan potensi wilayah pesisir secara optimal dan dikelola dengan baik dapat menjadi sumber pendapatan dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Salah satu pengelolaan potensi wilayah pesisir yaitu pemanfaatan lahan non produktif menjadi lahan tambak budidaya udang vannamei yang dilakukan oleh masyarakat Desa Munggangsari Grabag Purworejo. Budidaya tambak udang menjadi mata pencaharian baru sejak tahun 2013 dan telah berhasil membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian di Desa Munggangsari. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menggambarkan upaya peningkatan kesejahteraan yang dilakukan oleh masyarakat melalui pengembangan budidaya tambak udang vannamei dan mengetahui apa saja hasil yang telah diperoleh. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 8 orang meliputi perangkat desa, petani tambak, dan pekerja tambak. Hasil dari penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Munggangsari dalam meningkatkan kesejahteraan melalui budidaya udang vannamei, yaitu dengan pengembangan sumber daya alam melalui pembukaan lahan, memanfaatkan dan mengoptimalkan lahan non produktif. Meningkatkan kemampuan pengelolaan sumber daya lokal, advokasi masyarakat terhadap pemerintah. Hasil dari upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Munggangsari mampu memenuhi enam dari delapan indikator peningkatan kesejahteraan, yaitu aspek fisik, aspek perumahan, aspek pendidikan, aspek ketenagakerjaan dan aspek ekonomi masyarakat. Faktor Pendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan budidaya udang vannamai, yaitu kemudahan akses sumber, etos kerja masyarakat, dorongan ekonomi. Faktor penghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan budidaya udang vannamai, yaitu permodalan, tidak adanya bantuan pemerintah, cuaca buruk, dan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan, Kesejahteraan Masyarakat, Petani Budidaya Udang Vannamei.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:24
Last Modified: 03 Feb 2020 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum