PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN

Bagas Orlando Wibowo, NIM. 15250059 (2019) PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN)
15250059_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK DI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN)
15250059_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

BAGAS ORLANDO WIBOWO. Partisipasi Masyarakat Lokal Terhadap Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Partisipasi masyarakat telah tercapai apabila masyarakat terlibat dalam proses pembuatan keputusan, pelaksanaan program, memperoleh kemanfaatan dan mengevaluasi program. Pengembangan masyarakat dalam konteks ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan, memanfaatkan sumberdaya dalam memenuhi kebutuhan, serta memberdayakan mereka secara bersama-sama. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang partisipasi masyarakat, khususnya partisipasi masyarakat Desa Ponggok terhadap pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok yang dilakukan dengan mengembangkan masyarakat Desa Ponggok yang bekerja di sub-unit pariwisata Umbul Ponggok yang bertugas mengelola dan mengembangkan obyek wisata Umbul Ponggok. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi dan teori pengembangan masyarakat serta penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah partisipasi masyarakat lokal terhadap pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana partisipasi masyarakat lokal terhadap pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah diatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: partisipasi masyarakat lokal terhadap pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok yaitu masyarakat berpartisipasi dalam menggali potensi dari Umbul Ponggok dan masyarakat berpartisipasi dalam memiliki gagasan awal untuk menjadikan Umbul Ponggok menjadi tempat wisata. Masyarakat berpartisipasi dalam perencanaan awal, pelaksanaan program, pengambilan manfaat dan melakukan evaluasi program dalam pengembangan obyek wisata Umbul Ponggok. Serta adaya pengembangan masyarakat khususnya pada pekerja sub-unit pariwisata untuk meningkatkan kapasitas untuk lebih baik dalam mengelola dan mengembangkan obyek wisata Umbul Ponggok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asep Jahidin, S.Ag, M.S.i
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat Lokal, Pengembangan Obyek Wisata
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:25
Last Modified: 15 Jan 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum