PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL DARI PETANI MENJADI NELAYAN

Harry Nursetyabudi Dharmawan, NIM. 15250061 (2019) PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL DARI PETANI MENJADI NELAYAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL DARI PETANI MENJADI NELAYAN)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL DARI PETANI MENJADI NELAYAN)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERKAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Harry Nursetyabudi D. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul dari Petani Menjadi Nelayan. Skripsi. Yogyakarta: Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Setiap manusia mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat berupa kemajuan atau kemunduran. Perubahan sosial masyarakat ditemukan di wilayah pesisir pantai di Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Perubahan yang ditemui berupa perubahan profesi masyarakat yang awalnya sebagai petani beralih menjadi nelayan. Perubahan ini memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial masyarakat pesisir di Kecamatan Sanden dari petani menjadi nelayan dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Perubahan Sosial. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan wawancara langsung kepada sejumlah narasumber yang berprofesi sebagai nelayan di pesisir pantai di Kecamatan Sanden. Selanjutnya, data yang didapatkan diolah dengan cara disusun dan diklasifikasi sesuai tujuan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Dari olahan data yang sudah dilakukan, dapat dihasilkan kesimpulan yang menunjukkan proses perubahan sosial yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan perubahan sosial masyarakat dari profesi petani beralih ke nelayan dikarenakan tingkat pendapatan petani yang rendah dan keinginan masyarakat untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. Proses perubahan diawali dengan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dari teman atau lembaga pemerintah, mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah, dan didukung oleh jam kerja yang fleksibel. Kemudian, faktor pengaruh dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang meliputi pendapatan, usia, dan keadaan penduduk, serta faktor eksternal yang meliputi keadaan alam, perhatian dari pemerintah, mitos Nyi Roro kidul, dan inovasi pada pekerjaan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Pekerjaan, Ekonomi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:25
Last Modified: 15 Jan 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum