DAMPAK KEBERADAAN OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGENDARA OJEK KONVENSIONAL (PANGKALAN) DI JLN. IMOGIRI TIMUR, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

AROFINA ROSA PRILIANA, NIM 15250081 (2019) DAMPAK KEBERADAAN OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGENDARA OJEK KONVENSIONAL (PANGKALAN) DI JLN. IMOGIRI TIMUR, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEBERADAAN OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGENDARA OJEK KONVENSIONAL (PANGKALAN) DI JLN. IMOGIRI TIMUR, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
15250081_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEBERADAAN OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGENDARA OJEK KONVENSIONAL (PANGKALAN) DI JLN. IMOGIRI TIMUR, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
15250081_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan dengan cara bekerja, salah satunya bekerja sebagai tukang ojek. Saat ini ojek tidak lagi seperti dulu yang sering kita sebut sebagai ojek pangkalan (konvensional). Melainkan telah hadir ojek yang mengandalkan kecanggihan teknologi yaitu ojek online. Hadirnya ojek online menimbulkan dampak bagi pengendara ojek konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan ojek online trehadap kesejahteraan ojek konvensional. Dampak yang ditimbulkan diteliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada beberapa narasumber yang berprofesi sebagai pengendara ojek konvensional di daerah Giwangan. Selanjutnya, data yang diperoleh diolah dan disusun sesuai dengan tujuan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendara ojek konvensional belum memiliki kesejahteraan dalam hidupnya. Mereka belum bisa memenuhi semua kebutuhan yang diprakarsai oleh Abraham Maslow yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa cinta dan kepemilikan, harga diri serta aktualisasi diri. Hal tersebut terjadi karena penghasilan yang menurun secara drastis setelah adanya ojek online sehingga ketika mereka tidak mendapatkan penghasilan sama sekali, mereka terpaksa berhutang. Mereka selalu merasa cemas ketika tidak mendapatkan penghasilan, kurang mendapat dukungan dari keluarga, tidak memiliki kepercayaan diri dan belum bisa mencapai tujuan hidup mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dampak, Kebutuhan, Kesejahteraan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:26
Last Modified: 15 Jan 2020 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum