PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul)

SEPTIANA YUNI LESTARI, NIM. 15250093 (2019) PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul))
15250093_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (Studi Kasus di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul))
15250093_BAB II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SEPTIANA YUNI LESTARI. Peran Pendamping Program Keluarga Harapan Dalam Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul). Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Sebuah program tidak akan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya peran dari seorang pendamping. Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk kedalam program buatan pemerintah yang membutuhkan peran dari seorang pendamping dalam upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini menjelaskan tentang peranan dan dampak dari adanya pendamping PKH di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh pendamping PKH dan dampak pendampingan terhadap sosial ekonomi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Dusun Wareng Kepek Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan teori peran pendamping dan teori dampak serta penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian ini yaitu enam keluarga di Dusun Wareng yang menjadi penerima bantuan PKH dan pendamping PKH di Dusun Wareng. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendamping PKH di Dusun Wareng sudah menjalankan peran fasilitatif, peran edukasi, peran representasional dan peran teknik. Selain itu pendamping PKH di Dusun Wareng memberikan banyak manfaat untuk para KPM salah satu contohnya KPM dapat memperoleh informasi terkait PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Peran Pendamping PKH, Pengentasan Kemiskinan, Gunungkidul
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:26
Last Modified: 15 Jan 2020 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35129

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum