METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA TAHUN PERTAMA DI SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Tajul Arifin, NIM. 12220044 (2019) METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA TAHUN PERTAMA DI SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA TAHUN PERTAMA DI SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12220044_ BAB I_BAB_iv_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA TAHUN PERTAMA DI SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12220044_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

TAJUL ARIFIN (12220044), Metode Bimbingan dan Konseling Dalam Penyesuaian Diri Siswa Pada Tahun Pertama di SMP Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini mengingat bahwa siswa pada tahun pertama di SMP Ali Maksum termasuk kepada kategori remaja awal. Masa remaja merupakan suatu masa di mana ketegangan emosi meninggi terutama ketika menemukan situasi dan kondisi yang baru. Oleh karena itu, seringkali remaja sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan dan permasalahan yang terjadi pada dirinya. Masalah yang ada di dalam penelitian ini adalah bagaimana cara sistematis bimbingan dan konseling dalam penyesuaian diri siswa pada tahun pertama di SMP Ali Maksum Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, pembimbing asrama serta empat siswa SMP Ali Maksum. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan.. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa cara sistematis bimbingan dan konseling yang dilakukan dalam penyesuaian diri siswa pada tahun pertama di SMP Ali Maksum Yogyakarta adalah: Pertama, Hoom Room Program yaitu bimbingan yang terdiri dari sekelompok orang dalam satu pertemuan. Kedua, karyawisata yaitu teknik yang berfungsi sebagai rekreasi dan belajar. Ketiga, diskusi kelompok yaitu kegiatan dimana setiap individu dapat secara bersamasama mencari alternatif solusi. Keempat, kerja kelompok yaitu kegiatan dimana individu-individu diberi kesempatan untuk dapat merencanakan sesuatu dan mengerjakannya secara bersama dalam suatu kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah. S.Ag M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan dan Konseling, Penyesuaian Diri, Siswa pada Tahun Pertama
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jan 2020 09:37
Last Modified: 20 Jan 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum