EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN ALQUR’AN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL

Muftikhatul Khoeriyah, NIM: 14410189 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN ALQUR’AN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN ALQUR’AN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL)
14410189_ BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN ALQUR’AN DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL)
14410189_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

MUFTIKHATUL KHOERIYAH. Efektivitas Penggunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Alqur’an di SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah bagi umat Islam, Alqur’an merupakan kitab suci yang sangat diagungkan, karena di dalamnya terdapat niai-nilai penting untuk dijadikan suri teladan maupun sebagai pedoman terhadap segala aspek kehidupan. Maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk dapat membacanya. Supaya umat Islam mampu membaca Alqur’an dengan fasih (lancar) dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya, maka perlu diadakan suatu pembelajaran Alqur’an. Suatu proses pembelajaran membaca Alqur’an diperlukan sebuah metode. Sebab metode mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat, efektif, dan efisien akan memudahkan tercapainya membaca Alqur’an dengan baik dan benar. Terdapat berbagai metode dalam membaca Alqur’an, salah satunya adalah metode Ummi. SDIT Salsabila telah menerapkan metode Ummi selama empat tahun dengan alasan bahwa metode sebelumnya tidak berhasil atau tidak efektif. Hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah seperti apa pelaksanaan penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Alqur’an di SDIT Salsabila Al-Muthi’in, bagaimana hasil atau kefektivitasannya, dan kelebihan serta kekurangan dari pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Alqur’an di SDIT Salsabila Al-Muthi’in, bagaimana hasil atau kefektivitasannya, dan kelebihan serta kekurangan dari pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang terkumpul kemudian disusun secara sistematis dan selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran di SDIT Salsabila Al-Muthi’in sudah sesuai dengan ketentuan baku dari metode Ummi. (2) Namun hasilnya ternyata belum efektif karena seluruh peserta didik tidak ada yang mencapai target dalam bacaan atau jilid meskipun dalam hafalannya seluruh peserta didik telah melampaui target. (3) Kelebihan pelaksaan penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Alqur’an di SDIT Salsabila Al-Muthi’in adalah minat dan motivasi siswa yang tinggi, sararana prasarana yang memadai, dan adanya dukungan dari orang tua. Sedangkan kekurangannya adalah masih terdapat guru yang belum sertifikasi, terjadinya pola koordinasi yang kurang baik, dan juga evaluasi yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode, Ummi, Pembelajaran, Alqur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:33
Last Modified: 23 Jan 2020 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum