IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL

RIMA YUNI SAPUTRI, NIM: 15410020 (2019) IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL)
15410020_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL)
15410020_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

RIMA YUNI SAPUTRI. Implikasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Moral Peserta Didik di SMA N 1 Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan yang berkaitan dengan dekadensi moral khususnya pada peserta didik yang tidak kunjung usai sehingga banyak ditemukan kasus-kasus kenakalan remaja yang semakin kompleks. Salah satu upaya dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di SMA N 1 Pleret adalah dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa peserta didik yang masih melanggar peraturan dan memiliki kesadaran diri yang rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian mengenai implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam meningkatkan moral peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di SMA N 1 Pleret dan bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam meningkatkan moral peserta didik di SMA N 1 Pleret serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilainilai pendidikan Islam di SMA N 1 Pleret. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di SMA N 1 Pleret mencakup semua aspek, yaitu aspek akidah, syari‟ah, dan akhlak, yang diterapkan melalui kegiatan pembelajaran di kelas maupun kegiatan-kegiatan keagamaan di luar jam pelajaran seperti tadarus Al-Qur‟an, shalat ẓuhur berjama‟ah, kultum, infak, dan lain sebagainya. Strategi yang dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di SMA N 1 Pleret adalah melalui keteladanan dan pembiasaan yang dilakukan pendidik terhadap peserta didik agar mereka dapat meneladani pembiasaan yang pendidik berikan. 2) Penerapan Nilainilai Pendidikan Islam di SMA N 1 Pleret implikasinya terbukti dapat meningkatkan moral peserta didik. Hal ini ditinjau dari adanya peningkatan moral peserta didik dari beberapa aspek, yaitu aspek akidah, syari‟ah, dan akhlak, yang tercermin dalam sikap dan perilaku peserta didik SMA N 1 Pleret seperti: jujur, optimis dan tidak mudah putus asa, hormat dan patuh, dermawan dan saling menghargai, tolong menolong, toleransi dan adil, persatuan, disiplin dan tanggung jawab, keimanan, ihsan, takwa, ikhlas dan sabar, sikap silaturrahmi dan persaudaraan, perasangka baik dan rendah hati, amanah dan menepati janji, dan tumbuhnya sikap menghargai dan menyayangi lingkungan serta meningkatnya kesadaran peserta didik akan kebersihan lingkungan. Hal ini sekaligus dapat menjadi landasan peserta didik dalam menjalankan praktik kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Moral, Nilai-nilai Pendidikan Islam,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:33
Last Modified: 23 Jan 2020 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum