HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN TARIKH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK

DWI SEKAR AMANAH, NIM. 15410010 (2019) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN TARIKH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN TARIKH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
1) 15410010_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN TARIKH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARIKH SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
2) 15410010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

DWI SEKAR AMANAH. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Tarikh Terhadap Motivasi Belajar Tarikh Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pentingnya menumbuhkan motivasi belajar siswa demi tercapainya kelancaran kegiatan pembelajaran dan tujuan pendidikan. Kompetensi yang dimiliki guru akan berdampak terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran seorang guru. Guru diharapkan memiliki kompetensi yang baik, khususnya pada mata pelajaran Tarikh yang dianggap membosankan dan tidak terlalu penting karena hanya berupa cerita masa lalu. Apabila guru tidak memiliki kompetensi pedagogik yang baik maka siswa tidak akan bersemangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan guru tidak mampu mengelola pembelajaran Tarikh menjadi lebih menarik. Motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok secara umum dianggap kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Tarikh kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok, untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok, dan untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Tarikh terhadap motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Depok sebanyak 116 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Peneliti memutuskan untuk mengambil sampel pada kelas VIII B yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakanmetode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru Tarikh berada pada tingkat kategori tinggi, pada kelompok interval 69-76 dengan persentase sebesar 37,9% (2) Motivasi belajar Tarikh siswa berada pada tingkat kategori tinggi, pada kelompok interval 68-73 dengan persentase 41,4% (3) Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru Tarikh terhadap motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok (rxy) sebesar 0,928 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,000 < 0,01 (4) Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Tarikh memberikan kontribusi sebesar 86,2% terhadap motivasi belajar Tarikh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Depok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Tarikh, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:33
Last Modified: 23 Jan 2020 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum