PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA PECANDU GAME ONLINE DI MA AL-MUNIROH KECAMATAN UJUNG PANGKAH GRESIK

Muhammad Maftuh Ridlo, NIM. 12220116 (2019) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA PECANDU GAME ONLINE DI MA AL-MUNIROH KECAMATAN UJUNG PANGKAH GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA PECANDU GAME ONLINE DI MA AL-MUNIROH KECAMATAN UJUNG PANGKAH GRESIK)
12220116_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA PECANDU GAME ONLINE DI MA AL-MUNIROH KECAMATAN UJUNG PANGKAH GRESIK)
12220116_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

MUHAMMAD MAFTUH RIDLO (12220116), Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa Pecandu Game Online di MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah Gresik. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini didasari atas keprihatinan peneliti akan kebiasaan siswa yang mengalami kecanduan game online dan juga akan berdampak negatif bagi pribadi siswa dan juga prestasi akademik siswa yang mengalami kecanduan game online. Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa yang mengalami kecanduan game online, hal tersebut mencakup beberapa langkah yang dugunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah yang dialami oleh para siswa di MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Penelitian ini termasuk dalam jenis lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, serta empat siswa MA kelas XI IPS MA Al-Muniroh Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tugas dan fungsi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan game online bagi siswa kelas XI IPS MA Al Muniroh Kecamtan Ujungpangkah Gresik. Yaitu : Pertama, sebagai perencana program dalam peranan ini Guru bimbingan dan konseling membuat perencanaan program bimbingan dan konseling, baik program mingguan, bulanan, dan tahunan. Kedua, sebagai administrator guru bimbingan dan konseling mencatat point-point penting saat berlangsungnya Bimbingan agar tau sedalam apa tingkat kecandaan siswa dengan game online tersebut, maka dari itu guru bimbingan dan konseling juga tau mana yang terlalu banyak bermain game online dan mana yang bermainnya biasa saja. Ketiga, sebagai penasehat guru Bimbingan dan Konseling hanya sebagai fasilitator yaitu mendorong peserta didik untuk turut aktif dalam menemukan solusi pemecahan masalahnya. Keempat, sebagai konsultan peranan ini untuk memudahkan konsultasi atau bekerjasama dengan guru mata pelajaran, orangtua, dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa Kelima, sebagai pemberi informasi peran utama guru bimbingan dan konseling adalah memberikan informasi, informasi awal digunakan guru bimbingan dan konseling melalui Layanan informasi. Keenam, sebagai tester guru bimbingan dan konseling memberikan follow up terhadap perkembangan yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irsyadnnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Siswa Kecanduan Game Online.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:34
Last Modified: 23 Jan 2020 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum