IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KECENDERUNGAN PERGAULAN BEBAS DENGAN LAWAN JENIS SISWI KELAS XI SMA N 1 KRANGKENG INDRAMAYU

RENI MATOFIANI, NIM. 15410023 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KECENDERUNGAN PERGAULAN BEBAS DENGAN LAWAN JENIS SISWI KELAS XI SMA N 1 KRANGKENG INDRAMAYU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KECENDERUNGAN PERGAULAN BEBAS DENGAN LAWAN JENIS SISWI KELAS XI SMA N 1 KRANGKENG INDRAMAYU)
15410023_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KECENDERUNGAN PERGAULAN BEBAS DENGAN LAWAN JENIS SISWI KELAS XI SMA N 1 KRANGKENG INDRAMAYU)
15410023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

RENI MATOFIANI. Implementasi Program Keputrian sebagai Upaya Pembentukan Akhlak dalam Menanggulangi Kecenderungan Pergaulan Bebas dengan Lawan Jenis Siswi Kelas XI SMA N 1 Krangkeng Indramayu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah di sekolah umum pembentukan akhlak dapat dilakukan dengan memberikan pengajaran pendidikan agama Islam tetapi alokasi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah umum sangat terbatas. Hal ini tentunya tidak efektif jika ingin memperdalam pengetahuan agama Islam hanya dengan mengandalkan pelajaran di sekolah, terlebih lagi untuk membahas lebih dalam perihal akhlak dan juga jika para siswa ingin berdiskusi seputar permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Upaya yang dilakukan mengenai permasalahan di atas yaitu dengan mengadakan program keputrian yang diperuntukan bagi siswi dengan tujuan untuk menambah wawasan peserta didik khususnya para siswi yang belajar di sekolah umum. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsian implementasi program keputrian sebagai upaya pembentukan akhlak siswi kelas XI SMA N 1 Krangkeng Indramayu. (2) Menganalisis dampak implementasi program keputrian dalam menanggulangi kecenderungan pergaulan bebas dengan lawan jenis siswi kelas XI SMA N 1 Krangkeng Indramayu. Penelitian ini mengambil latar SMA N 1 Krangkeng Indramayu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian kualitatif yaitu penelitian yang lebih menekankan kepada analisisnya pada proses penyimpulan data dedeiktif dan induktif serta pada analisisnya terhadap dinamika hubungan dan fenomena yang diamati. Pengumpulan datadilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Program keputrian dilaksanakan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan program keputrian (2) Dampak implementasi program keputrian dalam menanggulangi kecenderungan pergaulan bebas dengan lawan jenis antara lain menghindari berpacaran, menjaga pandangan mata, menutup aurat, menjaga ucapan serta komunikasi, dan menjaga jarak. Hal-hal di atas di terapkan dalam kehidupan sehari-hari siswi. Akan tetapi belum semua siswi setelah mengikuti program keputrian mengalami perubahan akhlak yang baik. Artinya mereka belum sepenuhnya memahami dan mengimplementasikan materi yang disampaikan di dalam program keputrian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Pembentukan, Keputrian, Lawan Jenis, Kecenderungan, Pergaulan Bebas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:35
Last Modified: 23 Jan 2020 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum