BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA

Elfrida Windyasari, NIM.: 15220006 (2019) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA)
15220006_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EMPATI KOGNITIF SISWA MTsN 9 BANTUL YOGYAKARTA)
15220006_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

ELFRIDA WINDYASARI (15220006). Bimbingan Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Empati Kognitif Siswa MTsN 9 Bantul. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh turunnya dorongan para remaja masa kini untuk bersikap empati, sopan santun, dan kurang menjunjung tinggi nilai moral dalam berkehidupan. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang menjadi salah satu aspek dalam mempengaruhi perkembangan remaja dan dalam pembentukan karakter seorang remaja. Aspek kognitif dari empati meliputi aspek pemahaman atas kondisi orang lain. Aspek kognitif sangat berperan penting dalam proses empati, karena tanpa aspek kognitif yang memadai seseroang akan meleset dalam memahami kondisi orang lain sebab realitas yang ditangkap tidak sesuai dengan realitas yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru BK dan tiga siswa yang pernah melakukan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan empati kognitif siswa MTsN 9 Bantul melalui 5 tahap, yaitu tahap identifikasi masalah, tahap diagnosa, tahap prognosa, tahap terapi, dan tahap evaluasi dan follow up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin, S.Ag., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Empati Kognitif.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jan 2020 13:07
Last Modified: 24 Jan 2020 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum