PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SKI DI KELAS IX MTS NEGERI 4 BANTUL

RIRIS AMELIA, NIM: 15410051 (2019) PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SKI DI KELAS IX MTS NEGERI 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SKI DI KELAS IX MTS NEGERI 4 BANTUL)
15410051_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES ASPEK MUSIC INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SKI DI KELAS IX MTS NEGERI 4 BANTUL)
15410051_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

RIRIS AMELIA. Penerapan Konsep Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences Aspek Music Intellgigences Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran SKI di Kelas IX MTS Negeri 4 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah pada penelitian ini berkaitan dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang selama ini dirasakan terlalu monoton dalam pelaksanaanya, kebanyakan guru terjebak pada metode pembelajaran yang cenderung membosankan dan banyak hafalan. Padahal materi yang terkandung seharusnya tidak hanya dihafalkan melainkan harus dihayati. Oleh karena itu salah satu aspek kecerdasan yang bisa digunakan agar nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran SKI dapat dihayati dengan baik adalah dengan mengombinasikan mata pelajaran SKI dengan aspek kecerdasan musik. dengan menggunakan pendekatan Music Intelligences tersebut, diharapkan mampu mendukung keberhasilan pembelajaran SKI di MTS Negeri 4 Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran musik dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran SKI siswa kelas IX MTS Negeri 4 Bantul. Subjek penelitian ini adalah siswa MTS Negeri 4 Bantul, Guru SKI, Kepala Sekolah, dan Waka Kurikulum. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang berhasil dikumpulkan, dan dari analisis data itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi Teknik, yang nantinya akan diketahui penerapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Multiple Intelligences Aspek Music Intellgigences dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran SKI siswa kelas IX MTS Negeri 4 Bantul. Hasil penelitian menunjukan. Pertama, pembelajaran Musik dalam upaya meningkatkan Mutu pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Negeri 4 Bantul sudah dikatakan dominan menggunakan aspek Music Intelligences baik dalam menyusun maupun melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kedua, Upaya yang dilakukan guru SKI di MTS Negeri 4 Bantul dalam meningkatkan mutu pembelajaran SKI memiliki dampak yang positif, yakni dapat diketahui dari beberapa indikator diantaranya adalah : (1) peningkatakan kualitas materi yang menarik bagi siswa, (2) Penerapan strategi atau metode yang bervariasi, (3) Fasilitas penunjang pembelajaran dan (4) cara guru mengevaluasi pembelajaran dengan memperhatikan sisi kecerdasan yang dimiliki siswa. Ketiga,beberapa faktor pendukung keberhasilan pembelajaran di kelas, seperti guru yang profesional, siswa yang cekatan, juga lingkungan yang mendukung suksesnya pembelajaran dan beberapa faktor penghambat pembelajaran seperti, standar deviasi yang terlalu tinggi, kecenderungan anak, dan beberapa problem yang masih menjadi PR bagi guru maupun sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik M.Ag
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Musical intelligence, Mutu pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jan 2020 14:27
Last Modified: 24 Jan 2020 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum