IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN IMTAQ DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN RUHANIAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 GODEAN

Khusnul Khotimatul Maulidiyah, NIM. 15410104 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN IMTAQ DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN RUHANIAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 GODEAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN IMTAQ DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN RUHANIAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 GODEAN)
15410104_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN IMTAQ DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN RUHANIAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 GODEAN)
15410104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

KHUSNUL KHOTIMATUL MAULIDIYAH, Implementasi Program IMTAQ dalam Pengembangan Kecerdasan Ruhaniah pada Siswa SMP Negeri 1 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2019 Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam di sekolah dianggap kurang maksimal dan mendapatkan sorotan serta kritik yang tajam karena dipandang belum menghantarkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan-kegiatan di dalam program IMTAQ, capaian program IMTAQ (Iman dan Taqwa) tersebut dalam pengembangan kecerdasan ruhaniah siswa dan faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Godean Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data tertulis, pengamatan secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program IMTAQ dalam pengembangan kecerdasan ruhaniah antara lain: Pembiasaan membaca syahadatain berdoa, pembiasaan shalat berjamaah, berpidato, jadwal azan siswa secara bergantian, jadwal pidato secara bergantiantadarus Alquran, menerjemahkan, dan penyampaian materi oleh guru pembimbing. (2) Capaian hasil program pembinaan IMTAQ tehadap kecerdasan ruhaniah terbagi menjadi delapan indikator, yakni: pertama, mereka yang memiliki visi, mempunyai cita-cita dan tujuan hidup dengan iman. Kedua, kesadaran mereka yang merasakan kehadiran Allah dengan melakukan pembiasaan berdoa, mengucapkan basmallah dan hamdallah, pembiasaan shalat dengan khusuk dan membaca Alquran serta memahami isi kandurngan. Ketiga, mereka berzikir dan berdoa, pengadaan tadarus Alquran, dan shalat berjamaah.. Keempat, mereka memiliki kualitas sabar, mudah memaafkan orang lain, mampu mengendalikan diri dalam menghadapi tekanan atau ujian. Kelima, mereka cenderung pada kebaikan, dengan sekuat tenaga melaksanakan kewajiban dan amanah serta selalu berbuat baik di manapun dan kapanpun. Keenam mereka memiliki empati, mempunyai kemampuan untuk membayangkan dirinya berada pada posisi orang lain. Ketujuh, mereka berjiwa besar, sadar akan pentingnya toleransi, dan terakhir yaitu bahagia melayani, siswa mengingatkan kebaikan kepada siswa lainnya melalui kegiatan pidato.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kecerdasann ruhaniah, iman dan taqwa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:15
Last Modified: 28 Jan 2020 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum